Breaking News:

Berita Langsa

Masyarakat Gampong Kuala Langsa Dilatih Membuat Kerupuk Ikan Tongkol

Dosen Prodi Kimia Fakultas Teknik Universitas Samudra (Unsam), Selasa (16/8/2022) menggelar pelatihan pembuatan kerupuk ikan bagi ibu-ibu PKK

Penulis: Zubir | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Dosen Prodi Kimia Fakultas Teknik Universitas Samudra (Unsam), Selasa (16/8/2022) menggelar pelatihan pembuatan kerupuk ikan bagi ibu-ibu PKK di Gampong Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat. 

Laporan Zubir | Langsa 

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Dosen Prodi Kimia Fakultas Teknik Universitas Samudra (Unsam), Selasa (16/8/2022) menggelar pelatihan pembuatan kerupuk ikan bagi ibu-ibu PKK di Gampong Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di aula Kantor Keuchik tersebut diketuai oleh Yulida Amri, S.Pd., M.PKim dan anggota Ida Ratna Nila, S.Pd., M.Si, serta dibantu mahasiswa Program Studi Kimia.

Ketua PKM, Yulida Amri, mengatakan, pengabdian dilakukan berupa sosialisasi dan pelatihan pembuatan kerupuk ikan menggunakan bahan dapur, ikan tongkol sebagai sumber nutrisi, dan peralatan sederhana.

Pelatihan bagi ibu-ibu PKK di Gampong Kuala Langsa yaitu cara mengolah (membuat) kerupuk ikan, karena dilatarbelakangi adanya ketersediaan ikan tongkol di Gampong Kuala Langsa.

"Sehingga ikan tongkol yang tersedia diharapkan dapat diolah oleh warga setempat menjadi produk makanan lain yang bernilai ekonomis," ujarnya.

Baca juga: Panitia Rampungkan Persiapan Mubes IKA Teknik Unsam Langsa dan Kenduri Raya, Ini Jadwal & Lokasinya

Dosen Kimia ini menambahkan, pengabdian ini merupakan salah satu tugas dosen untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

Lalu, kegiatan ini sebagai upaya untuk memberdayakan dan memberi ketrampilan kepada masyarakat Gampong Kuala Langsa khususnya kelompok ibu-ibu PKK melalui pelatihan pembuatan kerupuk ikan.

"Kita harapkan melalui kegiatan ini masyarakat akan memiliki ketrampilan baru yang diharapkan dapat menjadi masyarakat yang produktif," paparnya.

Keuchik Gampong Kuala Langsa, Elisuddin, mengharapkan peserta pelatihan ini agar dapat dengan serius mengikutinya, sehingga benar-benar nantinya ilmubdidapat akan bermafaat dan dapat dijadikan peluang usaha.

Baca juga: Peringatan Damai Aceh di Aceh Timur Meriah, Gelar Pawai dan Pelantikan Jaringan Aneuk Syuhada Aceh

Sementara Tim PKM dibantu mahasiswa melatih dan membimbing para peserta yang hadir, dan masyarakat mempraktekkan langsung proses pembuatan ikan tongkol.

Mulai dari persiapan alat dan bahan, pembuatan bumbu, adonan, pengukusan, pemotongan, pengeringan, penggorengan dan pengemasan.

Bahan-bahan digunakan dalam pembuatan kerupuk ikan ini terdiri dari daging ikan tongkol, garam, gula, lada, bawang putih, soda, kaldu rasa sapi, dan air. 

"Target dari kita masyarakat nantinya terampil dalam membuat kerupuk ikan tongkol secara mandiri untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga," sambung Yulida Amri. (*)

Baca juga: VIDEO Ferdy Sambo Didesak agar Jujur soal Motif hingga Dugaan Ikut Menembak Brigadir J

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved