Breaking News:

Mihrab

Islam dan Al-Qur’an Pedoman bagi Umat

ISLAM adalah agama rahmatan lil alamin, yang menjadi solusi dari berbagai permasalahan umat manusia dan juga makhluk di alam semesta

Editor: bakri
IST
Mustafa Husen Woyla 

ISLAM adalah agama rahmatan lil alamin, yang menjadi solusi dari berbagai permasalahan umat manusia dan juga makhluk di alam semesta.

Kendatipun ada taklif berupa perintah kewajiban, hal itu akan membawa manfaat untuk manusia itu sendiri, karena Allah Naafi’ (pemberi manfaat) dan mudhaar (pemberi mudharat).

“Jadi, takutlah kepada Allah.

Tidaklah takut kepada malaikat pengazab baik di kubur maupun nereka, karena malaikat makhluk yang agung takut dan tunduk kepada Allah,” ujar Ketua DPP Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) Aceh, Tgk Mustafa Husen Woyla.

Dalam kajian Tastafi yang disampaikan oleh Tgk H Hasanul HG atau Abu Mudi Samalanga, dikatakan bahwa memberi pencerahan jalan menuju ridha Allah dengan mengutip kalam hujjatul Islam Abu Hamid al-Ghazali.

“Dan ini membuka wawasan kepada umat yang selama ini terkungkung bahwa hanya profesi bersifat keagamaan yang mudah masuk surga, sementara yang lain tidak mudah,” kata Tgk Mustafa.

Padahal untuk mencapai ridha Allah, kata dia, bisa dengan bertukang, berniaga, menjadi sejumlah profesi lainnya, tentunya semua berjalan sesuai syariah-Nya.

Artinya, tidak hanya menjadi alim ulama dan ahli ibadah saja untuk mengapai keridhaan Allah.

Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumiddin menerangkan perbedaan jalan ibadah yang disebabkan oleh perbedaan ahwal dan suasana batin setiap orang.

Baca juga: Surah Alquran yang Sering Dibaca Rasulullah Saat Shalat Tahajud, Berikut Tata Cara Shalat Tahajud

Baca juga: Viral Anak Citayam Fashion Week Pandai Ngaji, Suaranya Merdu Banget Baca Alquran Surat Ar-Rahman

Tgk Mustafa mengatakan, orang yang menempuh jalan akhirat tidak lepas dari enam golongan Enam golongan tersebut adalah abid (ahli ibadah), alim (ulama), muta’allim (pelajar/santri), wali (pejabat), muhtarif (pekerja ragam profesi), dan muwahhid mustaghriq bil wahidis shamad an ghairihi (orang yang tenggelam dalam keesaan Allah sampai tidak ingat selain-Nya).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved