Breaking News:

Berita Banda Aceh

Pj Gubernur Minta Kemenhub Terbitkan Edaran untuk Bandara SIM

Pj Gubernur meminta Kemenhub dan Satgas Covid-19 segera menerbitkan surat edaran agar Bandara SIM bisa segera dibuka sebagai entry point

Editor: bakri
Foto: Humas BPPA
Menhub Budi Karya Sumadi menerima cenderamata dari Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki didampingi rombongan dari Pemerintah Aceh usai melakukan pertemuan di Kemenhub, Jakarta Pusat, Selasa ( 23/8/2022). 

* Supaya Bisa Dibuka sebagai Entry Point Penerbangan Internasional

BANDA ACEH - Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, melakukan pertemuan dengan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Dalam pertemuan itu dibahas beberapa hal untuk mendorong percepatan pertumbuhan perekonomian di Aceh melalui sektor transportasi.

Salah satunya, Pj Gubernur meminta Kemenhub dan Satgas Covid-19 segera menerbitkan surat edaran agar Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, bisa segera dibuka sebagai entry point penerbangan internasional.

Dalam pertemuan itu turut hadir Staf Khusus Menteri BUMN, Nezar Patria MSc; Anggota DPR RI, M Salim Fahkry; Ketua DPRA, Saiful Bahri alias Pon Yaya; serta Anggota DPRA, dr Purnama Setia Budi SpOG, dan Teuku Raja Keumangan.

Ada juga Kadis Perhubungan Aceh, T Faisal, dan Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Jakarta, Akkar Arafat SSTP MSi.

"Kemarin terkait entry point sudah dirapatkan lintas kementerian/lembaga yang dipimpin oleh Kemenko Marves, di mana hasilnya Bandara SIM adalah salah satu prioritas.

Jadi, mohon kiranya Bapak Menhub bisa mendukung dengan menerbitkan surat edaran," pinta Achmad Marzuki.

Jika Bandara SIM sudah dibuka sebagai entry point penerbangan internasional, menurut Pj Gubernur, juga akan mempermudah pemberangkatan jamaah umrah, meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, mempererat hubungan perdagangan, kekerabatan, dan kerja sama IMT-GT serta Indonesia-India.

Baca juga: Jika Bandara SIM Sudah Dibuka, AirAsia dan Firefly Berminat Buka Rute Aceh – Malaysia

Baca juga: Bandara SIM Dibuka, Pariwisata Bersiaplah

"Apalagi, seperti kita tahu bahwa potensi jamaah umrah dari Bandara SIM, sangat tinggi," sebutnya.

Pj Gubernur Aceh juga berharap rute penerbangan perintis di Aceh perlu ditambah dari empat rute menjadi 16 rute dengan frekuensi tiga kali dalam seminggu.

Sebab, menurut Achmad Marzuki, selama ini frekuensinya hanya sekali dalam seminggu pada empat rute penerbangan yang ada yakni Banda Aceh-Bener Meriah, Banda Aceh-Gayo Lues, Banda Aceh-Aceh Tenggara, dan Banda Aceh-Simeulue.

"Penambahan rute ini untuk mempermudah mobilitas masyarakat daerah kepulauan dan daerah terluar untuk menggerakkan perekonomiannya," ungkap dia.

Selanjutnya, Achmad Marzuki meminta kepada Menhub agar adanya pengerukan alur pelayaran Pelabuhan Kuala Langsa agar dapat sandar kapal 15.000 DWT.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved