Breaking News:

Salam

Bandara SIM Dibuka, Pariwisata Bersiaplah

Dalam waktu tak lama lagi, masyarakat Aceh akan kembali dapat menikmati penerbangan langsung dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Maskapai AirAsia di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, Provinsi Aceh 

Dalam waktu tak lama lagi, masyarakat Aceh akan kembali dapat menikmati penerbangan langsung dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, ke Kuala Lumpur dan Penang, Malaysia, menggunakan maskapai AirAsia dan Firefly.

Bahkan, maskapai Lion Air menyatakan berminat membuka penerbangan langsung dari Bandara SIM ke Jeddah atau Madinah, Arab Saudi untuk melayani calon jamaah umrah.

Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2022 yang diterbitkan awal Agustus 2022 menyatakan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda dibuka kembali sebagai salah satu pintu masuk udara atau penerbangan internasional bersama 17 bandara lainnya.

Sebelumnya, lebih 20 bandara internasional di Indonesia ditutup untuk penerbangan internasional menyusul merebaknya Covid-19 di berbagai belahan dunia.

Inmendagri ini juga menjelaskan bahwa aturan teknis pelaksanaan bagi bandara yang akan melayani penerbangan internasional akan diatur Kementerian Perhubungan, Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Kementerian atau Lembaga terkait lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan Aceh, T Faisal, menyatakan bahwa ada tiga maskapai yang telah menyatakan siap untuk melayani penerbangan internasional dari Bandara SIM, yaitu AirAsia, Firefly, dan Lion Air.

Maskapai Lion Air sudah menyatakan minat untuk melayani penerbangan umrah dengan frekuensi seminggu dua kali tujuan Madinah dan Jeddah dari Bandara SIM.

Maskapai Firefly menyatakan akan kembali melayani penerbangan Banda Aceh – Penang (BTJ-PEN).

Dan, tentu saja AirAsia akan kembali masuk untuk melayani penerbangan dari Bandara SIM ke Kuala Lumpur dan sebaliknya.

Baca juga: Tiga Maskapai Siap Layani Penerbangan Internasional Dari Bandara SIM, Rutenya Perlu Diperbanyak

Baca juga: Imigrasi Banda Aceh Dukung Penuh Dibukanya Penerbangan Internasional di Bandara SIM

Saat ini bandara-bandara internasional di Indonesia yang sudah dibuka kembali sebagai pintu masuk dan keluar untuk penerbangan luar negeri sedang menunggu terbitnya regulasi teknis dari instansi terkait.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved