Breaking News:

Berita Aceh Jaya

Rektor UTU Jemput 709 Mahasiswa KKN di Aceh Jaya

Kegiatan penjemputan tersebut di pusatkan di beberapa Kantor Kecamatan yang menjadi lokasi KKN Tahun 2022

Penulis: Riski Bintang | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/RISKI BINTANG
Foto bersama pejabat Aceh Jaya dan Pejabat UTU saat penjemputan mahasiswa yang melakukan KKN di kabupaten itu selama sebulan lebih, Rabu (23/8/2022) 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Setelah sebulan lebih melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, sebanyak 709 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN) Reguler Angkatan XIX Tahun 2022 secara resmi dijemput oleh Rektor Universitas Teuku Umar ( UTU), Dr. Ishak Hasan, M.Si di Kecamatan Panga, Rabu (24/08/2022). 

Kegiatan penjemputan tersebut di pusatkan di beberapa Kantor Kecamatan yang menjadi lokasi KKN Tahun 2022.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, M.Si, Camat Kecamatan Panga, Mawardi, S.Pd, Sekretaris Camat Panga, T. Marhaidi, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Perwakilan dari Puskesmas Panga, Unsur Muspika Kecamatan dan para Keuchik lingkup Kecamatan Panga.

Rektor Universitas Teuku Umar, Dr. Ishak Hasan, M.Si dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa di dalam kurikulum baru Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dituntut untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran kepada mahasiswa untuk hidup ditengah masyarakat di luar kampus. 

Baca juga: Sambut 420 Mahasiswa Baru, Fakultas Teknik UTU Gelar SIMBA 2022

Menurutnya, dengan hal tersebut secara langsung mahasiswa dapat berkolaborasi bersama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah, serta mengembangkan potensi suatu desa. 

Selain itu, melalui kegiatan KKN ini diharapkan para mahasiswa dapat memberikan solusi untuk masalah yang ada di desa setempat.

“Kita berharap para mahasiswa yang sudah melaksanakan KKN agar dapat membuat publikasi mengenai permasalahan yang ada di masyarakat desa untuk nantinya dijadikan sebagai pedoman para pemangku kepentingan dalam hal ini pemerintah kabupaten untuk mengatasi permasalah yang ada,” Harap Dr Ishak Hasan

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, M.Si mengharapkan kepada kampus UTU agar bisa menjadi pusat unggulan. 

Baca juga: Harga TBS Kelapa Sawit di Tingkat Petani dan Pabrik di Abdya Hari Ini

UTU memproduksi knowledge, model-model yang kemudian kita implementasikan di wilayah, jadi UTU yang berpikir kami yang melaksanakan sehingga UTU bukan hanya bagus scara knowledge tetapi juga hebat secara praktek.

Pemilihan keunggulan UTU dalam agro and marine industry ini sangat cocok dengan kondisi kita wilayah pesisir, maka oleh karena itu bagaimana UTU dapat mengembangkan model-model kemudian mengadopsi di wilayah kita,” tambahnya.

“Kalau kita mau maju, ada beberapa hal yang harus kita dilakukan, yang pertama adalah pembedayaan di hulu, misalnya di sektor marine meliputi proses penangkapan.

Kedua adalah memperbaiki kualitas produk dan membuka pasar serta mendidik pasar, karena dari dulu permaslah di pantai barat saelatan ini adalah daya serap pasar yang rendah,” tambahnya.

Baca juga: Ditetapkan Jadi Tersangka, Ferdy Sambo Minta Anak-anaknya Melanjutkan Cita-citanya Menjadi Polisi

Untuk diketahui, para mahasiswa KKN yang dilepas pada tanggal 21 Juli 2022 yang lalu telah melaksanakan KKN dengan baik di beberapa kecamatan di lingkup Kabupaten Aceh Jaya.

Yaitu di Kecamatan Kecamatan Pasie Raya, Kecamatan Panga, Kecamatan Krueng Sabe, Kecamatan Setia Bakti, Kecamatan Darul Hikmah, dan Kecamatan Sampoinet.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved