Breaking News:

Berita Pidie

Dinkes Pidie Sosialisasi Germas Penanggulangan Stunting, Sekda Pidie Beri Penjelasan Ini

Dalam sambutannya di awal ia menerangkan permasalahan kesehatan timbul akibat perilaku hidup masyarakat yang tidak sehat.

Penulis: Nur Nihayati | Editor: Nur Nihayati
SERAMBINEWS.COM/NUR NIHAYATI
Foto bersama usai pertemuan koordinasi dan advokasi dalam rangka penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di sekolah, di DH Coffe, Sigli, Kamis (25/8/2022) yang digelar Dinas Kesehatan Pidie. 

Dalam sambutannya di awal ia menerangkan permasalahan kesehatan timbul akibat perilaku hidup masyarakat yang tidak sehat.

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Sekda Pidie H Idhami, S.Sos, MSi mengatakan, pihaknya meminta supaya dinas terkait bisa mempublikasikan data sebenarnya jumlah stunting di Pidie di mana saja dan kecamatan mana.

Itu untuk memastikan agar pemerintah Kabupaten Pidie dapat mengambil satu kebijakan terkait penurunan angka stunting tersebut. Harus ada angka ril. Ada beberapa kecamatan tersebut.

"Turun langsung door to door. Bentuk Tim mulai Dinas Kesehatan, DP3KB, Bappeda dapat memberikan gambaran pada TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) merumuskan kebijakan penurunan angka stunting di pos -pos yang mana.

Masalah stunting harus dikoordinir dengan melihat kondisi sebenarnya. Segi anggaran bisa dilaporkan berapa anggaran dibutuhkan laporkan. Ini harus serius," ungkap Sekda Pidie menjawab Serambinews.com usai membuka acara pertemuan koordinasi dan advokasi dalam rangka penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas) di sekolah yang berlangsung di DH Caffe, Kamis (25/8/2022).

Dalam sambutannya di awal ia menerangkan permasalahan kesehatan timbul akibat perilaku hidup masyarakat yang tidak sehat.

"Kurang beraktivitas fisik, kecenderungan makan-makanan cepat saji, makanan tinggi gula dan lemak, merokok dan sebagainya.

Faktor risiko tersebut menjadi penyebab utama muncul penyakit tidak menular (PTM), ditambah lagi sanitasi lingkungan serta kesediaan air bersih yang masih kurang memadai,” katanya.

Disebutkan, permasalahan itu bisa dicegah bia fokus upaya kesehatan diutamakan pada upaya preventif dan promotive dalam menumbuh kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Pidie, dr Arika Husnayanti Aboebakar, SpOG, (K), mengatakan, permasalahan kesehatan dalam RPJM adalah persoalan sangat penting diatasi.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas), ini adalah suatu gerakan yang sistematis, kemudian terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, kemampuan berperilaku dan juga sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Untuk itu kita mengubah perilaku kita memang agak sulit. Sekarang kita harus berusaha dari diri kita masing-masing untuk mengubah perilaku yang selama ini kurang sehat menjadi lebih sehat," katanya.

Tujuan Germas, ini adalah masyarakat bisa berperilaku hidup sehat, dan bagi yang masih berperilaku hidup tidak sehat, mulai sekarang dia mengajak untuk berperilaku hidup sehat.

Caranya sebut dia, jaga kesehatan, lingkungan bersih, dan menjadi manusia yang produktif. “ Dengan kita sehat biaya berobat juga berkurang,” tutur dr Arika.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved