Breaking News:

Berita Banda Aceh

Banda Aceh Alokasikan Dana Desa untuk Stunting Rp 9 Miliar, Segini Dapat Per Gampong

Total dana desa yang dialokasikannya untuk program pencegahan dan penangnanan stuntingnya mencapai Rp 9 Miliar

Penulis: Herianto | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Sekda Aceh, Taqwallah, sedang berikan penjelasan makanan tambahan untuk ibu hamil KEK dan balikan kepada Tim GISA Kota, Kapuas, Bides dan kechiek, pada acara Pemantapan GISA di Aula Pemko Lantai III, Selasa (30/8/2022). 

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM - Sekda Aceh, dr Taqwallah MKes mengucapakan terima kasih kepada Pemerintah Kota Banda Aceh dan Pemerintahan Gampong yang telah mengalokasikan dana desa untuk pencegahan dan pananganan program stunting, yang cukup lumayan besar.

“ Total dana desa yang dialokasikannya untuk program pencegahan dan penangnanan stuntingnya mencapai Rp 9 Miliar.

Setiap gampong minimal mengalokasikan berkisar Rp 114 juta  dan maksimal Rp 254 juta,” kata Sekda Aceh, dr   Taqwallah M.Kes setelah membaca ekspose Pencegahan dan Penanganan Stunting yang disampaikan Kadis PMG Kota Banda Aceh, Muhammad Syarifuddin Ambia ST, MT, pada acara Pencanangan Gerakan Imunisasi dan Stunting Aceh (GISA) serta Evaluasi Dana Desa Tahun 2022 di Aula Pemko setempat di lantai III.

Pencanangan Gerakan Imunisasi dan Stunting Aceh (GISA) serta Evaluasi Dana Desa tahun 2022, untuk seluruh Kabupaten/Kota di Aceh, dimulai dari Kota Banda Aceh, sebagai ibukota Provinsi Aceh.

Mulai hari Selasa ini, 30 Agustus sampai 13 September 2022 mendatang, pihaknya bersama Tim GISA Aceh, akan melakukan kunjungan kerja ke daerah.

Baca juga: Stunting di Abdya 927 Kasus, Tertinggi Kuala Batee, Ini Data Lengkap Per Kecamatan dan Upaya Dinkes

Untuk menjelaskan kepada Tim GISA Kabupaten/Kota, Kapus, Keuchik, dan Bides, tentang program pemantapan GISA.

Ini dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan dan Penurunan Angka Stunting di Aceh yang masih relatif tinggi mencapai 27.667 orang dari total pendudunya 5,3 juta jiwa.

Rombongan kunker Tim GISA Aceh ke Kabupaten/Kota, kata Taqwallah, untuk memberikan penjelasan tentang pentingnya imunisasi bagi anak, pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri, screening anemia, pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil, dan 10 intervensi stunting lainnya yang akan kita jelaskan.

Sekda Aceh Taqwallah menyebutkan, total anak stunting yang ada di Kota Banda Aceh ada sekitar 482 orang, balitanya 22.383 orang, Bumil KEK nya ada 47 orang, Bumil biasa 5.556 orang, dari jumlah penduduknya 247.048 jiwa, tersebar di 90 Gampong.

Dengan alokasi dana pencegahan dan penanganan stunting senilai Rp 9 miliar, dan sampai Agustus ini, sudah terealisir Rp 7 miliar lebih, atau 76,33 persen.

Baca juga: Momen Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Saat Rekontruksi, Sambo Memeluk dan Cium Putri

Jika dana tersebut tidak disalahgunakan, Taqwallah optimis penanganan anak stunting dan Ibu hamil yang mengalami kekurangan energi kronis (KEK) nya, bisa tertangani dengan baik.

Ada 10 intervensi stunting yang perlu dilakukan untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Untuk remaja putri, sebut Taqwallah, ada dua Langkah yang perlu dilakukan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved