Breaking News:

Berita Politik

Mualem Mundur dari Gerindra, Ingin Maksimalkan Perolehan Kursi DPRA dan DPRK

Muzakir Manaf atau akrab disapa Mualem mengaku telah mundur dari posisi Ketua Penasihat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Aceh

Editor: bakri

BANDA ACEH - Ketua Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA PA), Muzakir Manaf atau akrab disapa Mualem mengaku telah mundur dari posisi Ketua Penasihat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Aceh.

Pengunduran diri Mualem jelang Pemilu 2024 ini bukan karena ada persoalan dengan Gerindra, tapi menindaklanjuti Undang-undang Pemilu dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang melarang anggota partai rangkap jabatan.

"Saya sudah buat pengunduran diri (dari Ketua Panasihat Partai Gerindra Aceh) sekitar dua bulan lalu.

Sebelum kita daftar (ke KIP Aceh) dan diverifikasi, kita sudah mundur," kata Mualem kepada Serambi, disela-sela kegiatan 'Pembekalan Antikorupsi untuk Partai Lokal Aceh' yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Selasa (30/8/2022).

Mualem bahkan mengaku sudah membuat surat pernyataan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menegaskan bahwa dirinya sebagai anggota Partai Aceh yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan tidak menjadi anggota partai politik lain.

"Tidak mungkinlah kita ikut Partai Gerindra karena kita ada Partai Aceh.

Tidak mungkin kita korbankan Partai Aceh.

Karena aturan seperti itu (tidak boleh rangkap jabatan), ya sudah kita ikuti saja," ucapnya.

Sebenarnya, lanjutnya Mualem, dirinya masih memiliki kewenangan di posisi Penasihat DPD Partai Gerindra Aceh, hanya saja tidak boleh tercantum nama dalam partai yang dipimpin TA Khalid tersebut.

Baca juga: Mualem tak Larang Kader Partai Aceh Maju jadi Calon Anggota DPR RI, Tapi Ada Syaratnya

Baca juga: Mualem Ultimatum Pengganggu Damai, Pulang ke Aceh jangan Cuap-cuap dari Luar Negeri

Dalam kesempatan itu, Mualem kembali mempertegas bahwa pengunduran dirinya dari posisi Ketua Penasihat DPD Partai Gerindra Aceh bukan karena ada masalah, tapi karena mengikuti aturan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved