Breaking News:

Video

VIDEO Warga Ikut Bersihkan Makam Kuno Bersama Hubdam IM di Krueng Barona Jaya

Kegiatan meuseuraya di Gampong Lam Permai dilaksanakan di tiga kompleks makam kuno yang berada di tengah pemukiman masyarakat.

Penulis: Syamsul Azman | Editor: Syamsul Azman

SERAMBINEWS.COM - Hubdam Iskandar Muda menyelenggarakan kegiatan Jumat Bersih dan Peduli, meuseuraya membersihkan makam peninggalan sejarah era Kerajaan Aceh yang diikuti ratusan peserta dari berbagai komponen masyarakat di Gampong Lam Permai, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (2/9/2022).

Kegiatan meuseuraya di Gampong Lam Permai dilaksanakan di tiga kompleks makam kuno yang berada di tengah pemukiman masyarakat.

Pembersihan makam diawali dengan apel pengecekan dan pembacaan doa yang dipimpin Tgk Imum Gampong Lam Permai, agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Para peserta meuseuraya kemudian dibagi menjadi tiga kelompok untuk melaksanakan kegiatan pada masing-masing makam yang telah ditentukan.

Antusiasme peserta meuseuraya terlihat dalam pelaksanaan kegiatan kali ini.

Dengan penuh semangat kebersamaan dan kekeluargaan peserta meuseuraya membersihkan rumput dan semak belukar yang tumbuh menutupi komplek makam.

Kemudian setelah bersih, maka kuno didata dan didokumentasikan, selanjutnya para peserta meuseuraya membersihkan nisan dari lumpur, tanah dan jamur dengan cara menyikatnya.

Kahubdam Iskandar Muda Kolonel Chb Jun H Mastra dalam kesempatan ini juga memberikan penjelasan kepada para mahasiswa tentang seputar Nisan Aceh dan mensosialisasikan kepada warga tetang pentingnya partisipasi masyarakat dalam melindungi situs-situs kuno yang berada di gampong- gampong.

Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan aman dan lancar diikuti ratusan peserta dari berbagai komponen bangsa yang terdiri dari Perangkat desa dan Keuchik Gampong Lam Permai, Perangkat Kecamatan Krueng Barona Jaya, Mapesa, BPBA, Polsek Krueng Barona Jaya, Koramil Kuta Baro Kodim 0101, Kabid dan anggota Satpol PP dan WH Provinsi Aceh, Dinas Sosial Provinsi Aceh, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Dinas Kebersihan dan Lingkungan Provinsi Aceh, Mahasiswa Prodi Sejarah Universitas Syiah Kuala, Mahasiswa UIN Ar-Raniry, Warga Masyarakat sekitar dan Mahubdam IM. (*)

Editor: Syamsul Azman Yr

Baca juga: VIDEO Sampai ke Pidie, Hubdam IM Turut Serta Meuseuraya Makam Kuno di Kompleks Jirat Manyang

Baca juga: VIDEO Jumat Bersih dan Peduli Sejarah, Hubdam IM Meuseuraya Menata Makam di Lampulo

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved