Breaking News:

Mihrab

Prof Agus di Peurada, Prof Fauzi di Masjid TNI, Ini Daftar Khatib & Imam Shalat Jumat di Banda Aceh

Berikut daftar lengkap khatib dan imam shalat Jumat, berlaku pada 12 Safar 1444 H bertepatan dengan 9 September 2022 di 64 masjid Kota Banda Aceh.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Amirullah
SERAMBI/HENDRI
Suasana Masjid Baiturrahi di Ulee Lheue, kecamatan Meuraksa,Banda Aceh, Kamis (13/1/2022). Masjid ini adalah salah satu masjid bnersejarah di provinsi Aceh peninggalan Sultan Aceh pada abad ke-17. 

Prof Agus di Peurada, Prof Fauzi di Masjid TNI, Ini Daftar Khatib & Imam Shalat Jumat di Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM - Sebanyak tiga profesor atau guru besar akan bertindak sebagai  khatib dan imam shalat Jumat besok, (9/9/2022) di Banda Aceh,

Pelaksanaan shalat jumat ini bertepatan dengan 12 Safar1444 Hijriah atau 9 September 2022.

Empat profesor yang akan bertindak sebagai khatib dan imam shalat Jumat besok yakni, Prof Dr H Syamsul Rijal MAg, Prof Dr H Fauzi Saleh MA, Prof Dr H Gunawan Adnan MA PhD, dan Prof Dr H Agussabti MSi.

Prof Syamsul, Guru Besar Mata Kuliah Filsafat Islam, pada pada Prodi Filsafat Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh akan berkhutbah di Masjid Al- Ikhlas Gampong Keuramat.

Kemudian Prof Fauzi Saleh, Guru Besar dalam bidang Ilmu Fiqih (Hukum Islam) pada Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, UIN Ar-Raniry akan berkhatib di Masjid Al- Fitrah Asrama TNI Neusu Jaya.

Baca juga: Hari Jumat Baca Surat Al-Kahfi, Ini Keutamaannya Lengkap Ayat 1-10 Teks Arab, Latin dan Terjemahan

Sementara Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Syiah Kuala (USK), Prof Dr Ir Agussabti Abbas MSi akan bertindak sebagai khatib sekaligus imam-shalat-jumat' title=' imam shalat jumat'> imam shalat jumat di Masjid Al- Hidayah Peurada.

Kemudian ada Prof Gunawan Adnan yang merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, akan menyampaikan khutbah jumat di Masjid Fathun Qarib UIN Ar- Raniry Kopelma.

Islam telah mewajibkan bagi kaum laki-laki untuk melaksanakan Shalat Jumat.

Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran Surah Al Jum'ah ayat 9:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan Shalat Jumat, maka bersegeralah kamu mengingat kepada Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui".

Baca juga: Pelaku Kekerasan Seksual Terhadap Anak Disarankan Hukum Rajam, Ini Kasus di Aceh Hingga Juli 2022

Berikut daftar lengkap khatib dan imam shalat Jumat, berlaku pada 12 Safar 1444 H bertepatan dengan 9 September 2022 di 64 masjid Kota Banda Aceh.

1. Masjid Raya Baiturrahman
Khatib: Dr H Saifullah Yunus MA
Imam: Tgk Abdul Manaf Daud

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved