Breaking News:

Berita Sabang

PKS Sabang Meminta agar Tarif Tiket Kapal Cepat Khusus Warga Lokal Dapat Diturunkan

tarif tiket kapal cepat penyeberangan di Pelabuhan Balohan Sabang menuju Ulee Lheue Banda Aceh maupun sebaliknya mengalami kenaikan dari harga sebelum

Penulis: Aulia Prasetya | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Ketua PKS Kota Sabang Albina Arahman ST MT 

Laporan Aulia Prasetya | Sabang

SERAMBINEWS.COM,SABANG - Gelombang protes masyarakat Sabang bermunculan setelah tarif tiket kapal cepat penyeberangan di Pelabuhan Balohan Sabang menuju Ulee Lheue Banda Aceh maupun sebaliknya mengalami kenaikan dari harga sebelumnya.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Albina Arahman ST MT, mantan Pimpinan Komisi D DPRK Sabang yang menaugi urusan perhubungan, yang saat ini sebagai Ketua partai PKS Kota Sabang.

Albina Arahman kepada serambinews.com, Sabtu (10/9/2022) mengungkapkan rasa kekecewaan terhadap pemerintah yang telah menaikan harga BBM dan kecewa terhadap pelayaran PT. Sakti Inti Makmur (SIM) yang menaikan tarif tiket kapal Express Bahari tidak sesuai prosesdur yang ada.

Lanjutnya, Albina menjelaskan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 66 Tahun 2019 Tentang Mekanisme Penetapan dan Formulasi Perhitungan Tarif Angkutan Penyeberangan sudah di jelaskan prosesnya.

Baca juga: Tarif Tiket Kapal Cepat Rute Sabang-Banda Aceh Naik

Ia menjelaskan pada BAB II pasal 3 untuk Tarif ekonomi dalam hal ini peyeberangan Banda Aceh - Sabang ditetapkan oleh Dinas Perhubungan Aceh.

"Untuk tarif nonekonomi ditetapkan oleh Badan Usaha Angkutan Penyeberangan berdasarkan tingkat pelayanan yang diberikan," jarnya.

Lanjut Albina, Pada BAB III Mekanisme Penetapan Tarif ekonomi ditetapkan setelah adanya usulan dari Asosiasi kemudian dalam mengajukan usulan, Asosiasi harus melakukan kajian dengan melibatkan pejabat di bidang angkutan penyeberangan sesuai dengan kewenangannya dan perwakilan pengguna jasa angkutan penyeberangan. 

Kemudian permohonan usulan disampaikan secara tertulis kepada Dinas Perhubungan Aceh dengan melampirkan pertama perhitungan biaya operasi kapal Angkutan Penyeberangan, kedua justifikasi penyesuaian Tarif Dasar  dan terakhir berita acara hasil kajian dan kami tidak melihat proses ini di lalui” Ungkap Albina.

Baca juga: Daftar Harga Tiket Kapal Cepat Rute Sabang-Banda Aceh Terbaru, Berlaku Mulai 9 September 2022

Untuk penetapan tiket kapal cepat yang murni bisnis swasta tentu ada sedikit perbedaan cara penetapannya.

Namun secara umum sama saja dengan proses penetapan tarif kelas ekonomi lainnya yakni adanya pertimbangan dan pembahasan bersama para pihak terkait.

“Kami masyarakat Sabang juga berharap dalam hal ini untuk biaya tarif khusus warga lokal juga di pertimbangkan.

Karena penumpang ber-KTP Sabang adalah pengguna rutin yang tentunya berhak untuk diberi perhatian khusus.

Baca juga: Harga Emas Antam Hari Ini, Segini Rincian Harga Emas Per Gram, Sabtu (10/9/2022)

Mengingat intensitas penggunaannya lebih dibandingkan para penumpang non KTP Sabang yang mungkin berkunjung ke Sabang periode waktunya hanya sesekali dan berstatus wisatawan.

Ditambah lagi bahwa pihak Kapal juga menggunakan BBM subsidi dari pemerintah yang dibenarkan sesuai dengan peraturan Menteri ESDM dan Menteri perhubungan bahwa jenis kapal yang mengangkut penumpang antar kabupaten/ Kota dapat menggunakan BBM subsidi demi meringankan masyarakat."

Bagi warga sabang tentunya sudah sangat memaklumi bahwa adanya tarif khusus tiket berKTP Sabang adalah hasil perjuangan panjang anggota DPRK Sabang pada masa itu yang melibatkan Komisi Ombudsman, yayasan lembaga konsumen Aceh YLKA, hingga Dishub Aceh.(*)

Baca juga: VIDEO PKS Aceh Besar Buat Aksi Flashmob, Tolak BBM Naik

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved