Breaking News:

Internasional

13 Tahun Hilang Kontak, TKW Ditemukan di Arab Saudi Berkat TikTok

Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kampung Cipendeuy, Desa Sukamanah, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat ditemukan

Editor: bakri
TribunKaltim.co.id
Ilustrasi TKI atau Pekerja Migran Indonesia. 

BANDUNG BARAT - Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kampung Cipendeuy, Desa Sukamanah, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat ditemukan setelah 13 tahun menghilang.

PMI itu diketahui seorang perempuan bernama Wiwi (48), ibu rumah tangga yang hijrah ke timur tengah demi menopang ekonomi keluarga pada tahun 2010 lalu.

Wiwi ditemukan dalam keadaan sehat setelah salah satu akun Tiktok @incesjeddah mengunggah kegiatannya di sebuah penampungan PMI Kota Madinah, Arab Saudi, beberapa hari lalu.

Pada video itu, akun tersebut menuliskan pesan bahwa PMI tersebut sudah hilang kontak dengan keluarganya dan terdampar di Arab Saudi selama 13 tahun lamanya.

“Awal saya mengetahui itu dari akun Tiktok dengan nama akun Mawar Pink 74 (@incesjeddah), setelah dicek, kami menanyakan kepada pihak desa.

Dan mereka membenarkan bahwa bu Wiwi itu adalah warga Desa Sukamanah,” ungkap Camat Rongga Agus Rudiyanto saat ditemui di kantormya, Rabu (14/9/2022).

Agus yang menyadari bahwa Wiwi adalah salah satu warganya, kemudian ia berusaha menelusur siapa keluarga dan kebenaran riwayat Wiwi.

“Setelah itu, saya mencoba meminta nomer handphone akun Tiktok itu (Mawar), setelahnya saya dan Bu Wiwi video call secara langsung dan alhamdulillah Bu Wiwi dalam keadaan sehat,” kata Agus.

Baca juga: Tangisan Keluarga di Nagan Raya Pecah Saat Sambut Kedatangan Jenazah TKW yang Meninggal di Malaysia

Baca juga: Tim Pemkab Nagan Raya Jemput Jenazah TKW yang Meninggal di Malaysia di Bandara Kualanmu

Setelah di telusuri, Agus membenarkan Wiwi hilang kontak dengan pihak keluarga setelah satu tahun bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) di Arab Saudi.

Wiwi bekerja di Arab Saudi sejak 2010 melalui agen penyalur tenaga kerja bernama PT Aji Ayahbunda Sejati, ia meninggalkan suami dan 6 anaknya di kampung halamannya.

Selama ia bekerja, Wiwi tidak dibekali alat komunikasi oleh majikannya.

Bahkan ia tidak menerima upah sama sekali sejak ia bekerja kepada majikannya.

“Alhamdulillah sekarang sudah ketemu dengan keluarganya, walaupun baru melalui video call.

Saat saya menanyakan beliau dimananya, dia menjawab sudah ada di penampungan tenaga kerja Indonesia di Madinah,” paparnya. (kompas.com)

Baca juga: Nasib Pilu Ratih Jadi TKW di Arab Saudi, Menangis Minta Dipulangkan, Disiksa Majikan dan Tak Digaji

Baca juga: Nasib Pilu TKW asal Aceh Utara, Dijadikan PSK oleh Temannya di Malaysia dan Dipaksa Layani Pria

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved