Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Kampung Kesehatan Dikukuhkan sebagai Kampung Demokrasi Aceh Tamiang

Penetapan Kampung Kesehatan sebagai Kampung Demokrasi, dilakukan setelah melalui tahapan-tahapan penilaian.

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Nurul Hayati
Dok: Humas
Datok Penghulu Kampung Kesehatan, Syariful Alam (kanan) bersama sejumlah komisioner Panwaslih dan unsur Forkopimda Aceh Tamiang di sela pengukuhan Kampung Demokrasi, Kamis (15/9/2022). 

Penetapan Kampung Kesehatan sebagai Kampung Demokrasi, dilakukan setelah melalui tahapan-tahapan penilaian.

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Tamiang menetapkan Kampung Kesehatan di Kecamatan Karangbaru sebagai Kampung Demokrasi.

Pengukuhan ini dilakukan komisioner Panwasalih Aceh, Nyaj Arief Fadhillah Syah dan dihadiri Forkopimda Aceh Tamiang pada Kamis (15/9/2022). 

Launching ditandai dengan menabuh rapai serta tanda tangan bersama baik itu unsur Forkopimda Aceh Tamiang, perangkat Kampung Kesehatan, Panwaslih Aceh Tamiang serta Panwaslih Provinsi Aceh.

Nyak Arief mengatakan, pengukuhan ini sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan pengawasan partisipatif Pemilu serentak tahun 2024. 

Penetapan Kampung Kesehatan sebagai Kampung Demokrasi, dilakukan setelah melalui tahapan-tahapan penilaian.

Sehingga layak ditetapkan sebagai salah satu kampung demokrasi.

“Kami berharap dengan adanya kampung demokrasi ini masyarakat bisa mendapatkan informasi dan pendidikan terkait dengan politik, sehingga masyarakat bisa lebih berkualitas dan paham terkait dengan esensi demokrasi itu sendiri,” ujar Nyak Arief.

Baca juga: Bawaslu Aceh Tamiang Kembangkan Pengawasan Partisipatif Melalui Kampung Demokrasi 

Nyak Arief menambahkan, bahwa dengan ditetapkannya Kampung kesehatan tersebut menjadi salah satu contoh diantara 212 kampung yang berada di Kabupaten Aceh Tamiang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Asra menyambut baik pengukuhan ini. 

Bahkan dia berharap, Kampung Demokrasi dibentuk di seluruh kampung agar masyrakat mendapatkan informasi mengenai tahapan pemilu secara utuh.

“Saya sangat berharap bahwa kedepannya bisa ditetapkan Kampung Demokrasi ada di setiap kecamatan, sehingga masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang tercerdaskan melalui adanya Kampung Demokrasi Pengawasan Partisipatif,” ungkap Asra yang hadir mewakili Bupati Aceh Tamiang, Mursil.

Sementara itu Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Imran mejelaskan bahwa launching kampong demokrasi ini merupakan langkah strategis Bawaslu Republik tahun 2020–2024.

“Kampung kesehatan kita pilih menjadi salah satu Kampung Demokrasi untuk mengajak semua masyarakat untuk ikut andil dengan nilai-nilai kearifan lokal, terutama dalam mengawal proses demokrasi dan ikut berpartipasi dalam mengawasi tahapan pemilu,” kata Imran.

Datok Penghulu Kampung Kesehatan Syariful Alam mengaku, tersanjung setelah daerahnya dikukuhkan sebagai Kampung Demokrasi. 

Pengukuhan ini dinilainya bentuk penghargaan yang tak ternilai.

“Ini merupakan penghargaan kepada kami, Insya Allah kami akan terus melakukan memberikan pemahaman kepada masyarakat, apa itu demokrasi dan apa tugas para perangkat dalam hal pengawasan partisipatif terhadap pelaksanaan pemilu 2024 baik Pemilu legeslatif dan Pemilukada nanti,” kata Syariful. (*)

Baca juga: Kampung Kesehatan Salurkan BLT Dana Desa September Pada Bulan Agustus, Tercepat di Aceh Tamiang

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved