Breaking News:

Partai Lokal

Partai SIRA, PDA, PAS dan Partai Gabthat belum Memenuhi Syarat Jadi Peserta Pemilu 2024

Dari 6 parlok yang mendaftar ke KIP, hanya 2 partai yang lolos sebagai peserta Pemilu yaitu Partai Aceh (PA) dan Partai Nanggroe Aceh (PNA).

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Taufik Hidayat
SERAMBINEWS.COM/HENDRI
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KIP Aceh, Munawarsyah 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh telah merampungkan verifikasi administrasi terhadap Partai Ppolitik Lokal (parlok) calon peserta Pemilu 2024. 

Dari enam parlok yang sebelumnya mendaftar ke KIP, hanya dua partai yang sudah lolos sebagai peserta Pemilu yaitu Partai Aceh (PA) dan Partai Nanggroe Aceh (PNA), sedangkan empat parlok lain dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS) administrasi.

Keempat partai tersebut yaitu Partai Darul Aceh (PDA), Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, Partai SIRA, dan Partai Generasi Atjeh Beusaboh Thaat dan Taqwa (Gabthat).

"PDA, PAS, Partai SIRA dan Partai Gabthat dari hasil verifikasi administrasi, statusnya masih BMS (Belum Memenuhi Syarat) dan berkesempatan melakukan perbaikan dimasa verifikasi administrasi perbaikan dokumen persyaratan," kata Ketua Divisi Teknis KIP Aceh Munawarsyah, Kamis (15/9/2022).

Empat parlok dimaksud, sambung Munawarsyah, tentunya harus lolos verifikasi administrasi dan faktual untuk dapat ditetapkan sebagai peserta Pemilu tahun 2024.

Munawarsyah menjelaskan, berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 55 Tahun 2020, partai politik nasional (parnas) yang memenuhi ketentuan parlemen treshould yang berhasil lolos pada proses verifikasi administrasi ini secara otomatis ditetapkan oleh KPU sebagai peserta Pemilu 2024. 

Namun, bagi parnas non-parlemen yang berhasil lolos verifikasi administrasi, mereka masih perlu diverifikasi secara faktual di lapangan untuk dapat ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024. 

Demikian halnya untuk parlok di Aceh, sebagaimana ketentuan Pasal 90 huruf a dan b UU 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, PA dan PNA berkewajiban mendaftar dan memenuhi persyaratan sebagai calon peserta pemilu sebagaimana diatur dalam Pasal 89.

Dalam kesempatan itu, Munawarsyah menjelaskan bahwa pada Senin 11 September 2022, KIP Aceh telah menyampaikan rekapitulasi hasil verifikasi administrasi syarat keanggotaan parnas tingkat Propinsi Aceh melalui Sipol kepada KPU RI. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved