Breaking News:

UMKM

Pj Wali Kota Beri Semangat Pelaku UMKM, Rumah Kreatif Al Mahirah dengan Diresmikan

Dalam pidatonya, diawali dengan membaca dua bait pantun, yang bunyi, ”Melihat pipit hinggap di daun, Nuri terbang dari tidurnya

Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim
FOR SERAMBINEWS.COM
Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Sidiq foto bersama anggota Muspida Kota, di sebuah ruang promosi produk UMKM Rumah Kreatif Pasar Al Mahirah Lamdingin, yang sudah diresmikan, Rabu (14/7/2022). 

Laporan Herianto l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, Rabu (14/9/2022), meresmikan Rumah Kreatif Pasar Al Mahirah.

Dalam pidatonya, diawali dengan membaca dua bait pantun, yang bunyi, ”Melihat pipit hinggap di daun, Nuri terbang dari tidurnya, Melihat rumah kreatif sudah terbangun, pelaku usaha pun riang gembira". “Anak belalang dipohon tomat, hendak memanjat dahan pepaya, UMKM bangkit ekonomi meningkat, pelaku usaha bersemangat warga sejahtera”.

Demikian  bait pantun Pj Walikota, yang disampaikannya pada acara peresmian Rumah Kreatif Pasar Al Mahirah, mendapat sambutan tepung tangan yang meriah dari para undangan dan pelaku usaha kecil dan menengah yang hadir pada acara peresmian Rumah Kreatif Al Mahirah Lamdingin, Kota Banda Aceh.

Dinas Koperasi UMKM Aceh Gelar Bimtek Multimedia Untuk Usahawan Muda, Ciptakan Wirausaha Digital

Sejumlah pejabat juga hadir, di antaranya Kepala Bank Indonesia Perwakilan Aceh yang diwakili T Amir Hamzah, juga hadir dan Kepala Otoritas Jasa  Keuangan Aceh, Yusri, Wakil Ketua DPRK, Kepala Regional CEO Bank Syariah Indonesia Aceh, Wisnu Sunandar, Direktur Utama Bank Aceh, Haizir Sulaiman, Sekda Kota, Amiruddin, Asisten II Setda Kota, Jalalluddin, Kadisperindagkop Kota, Muhammad Nurdin dan undangan lainnya.    

Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq menyatakan, Rumah Kreatif Pasar Al Mahirah Lamdingin Kota Banda Aceh, akan dijadikan tempat penjualan berbagai produk kerajinan makanan, minuman kerajinan tangan dan lainnya dari 23 Kabupaten/Kota di Aceh, untuk dijadikan bahan suvenir bagi wisatawan lokal, nasional dan asing yang berkunjung ke Aceh.

Pelaku UMKM Minta Pemerintah Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok, Minyak Goreng Curah Rp 12.000/Kg

Untuk itu, ia berpesan kepada Kadisperindagkop Kota Banda Aceh, Muhammad Nurdin, setelah pengelola Rumah Aceh ini dilelang secara terbuka dan pemenang definifnya sudah ada, ia wajib memamerkan produk unggulan kuliner dan kerajinan tangan 23 kabupaten/kota yang ada di Aceh, serta menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan.

Rumah Kreatif ini sengaja Pemko bangun di lokasi kompleks Pasar Al Mahirah dan lokasinya sangat strategis berada di tengah jalan menuju lokasi Makam Syiah Kuala, yang selama ini jadikan lokasi wisata spiritual, dari wisatawan lokal, nasional dan Internasional.

Kepala Disperindagkop Kota Banda Aceh, Muhammad Nurdin didampingi Asisten II Setda Kota, Ir Jalalluddin MT mengatakan, pesan Pj Walikota Banda Aceh, Bakri Siddiq itu, akan kita jadikan persyaratan wajib kepada pengelola Rumah Kreatif Pasar Al Mahirah Lamdingin, memajangkan berbagai jenis produk makan minuman serta kerajinan unggulan dari 23 Kabupaten/Kota.

Rumah Kreatif Pasar Al Mahirah Lamdingin, Kota Banda Aceh ini, akan kita jadikan sebagai tempat pameran produk unggulan kerajinan dan makanan serta minuman 23 kabupaten/kota. Jadi, jika ada wisatawan yang berkunjung ke Kota Banda Aceh, sebelum pulang ke daerah dan negaranya, rombongan wisatawan itu, akan kita bawa ke lokasi Rumah Kreatif Pasar Al Mahirah Lamdingin Kota Banda Aceh.

Ide Pj Walikota Banda Aceh, Bakri Siddiq, yang ingin menjadikan Rumah Kreatif Pasar Lamdingin menjadi tempat pusat promosi produk unggulan kerajinan dan makanan serta minuman UMKM 23 kabupaten/kota, sudah tepat, karena Kota Banda Aceh sebagai Ibukota Provinsi Aceh, merupakan pencerminan dari 23 kabupaten/kota.

Jadi, kata Muhammad Nurdin, sangat wajar, jika Kota Banda Aceh, dijadikan sebagai pusat promosi produk unggulan makanan, minuman dan barang kerajinan dari 23 daerah, karena Bandara SIM sebagai pintu masuk wisatawan nusantara dan mancanegara, umumnya mereka menginap di Kota Banda Aceh dan ingin mencari suvenir sebelum pulang ke daerah dan negara asalnya, untuk itu kita perlu menyediakan tempat pameran produk unggulan UMKM 23 daerah, yang representatif.

Di Lokasi Rumah Kreatif Pasar Al Mahirah Lamdingin ini, ada kios ukuran 4 x4 meter, ruang galeri di lantai II, kantor pelayan, toilet, bangunan penunjang lainnya, sehingga jika digunakan untuk tempat pusat promosi dan penjualan produk kuliner dan kerajinan tangan UMKM se-Aceh, sudah cukup memuaskan.

“Kita harapkan, setelah pengelolanya nanti sudah ada yang definitif, ia bisa menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungannya Rumah Kreatif Pasar Al Mahirah Lamdingin, yang terletak di kompleks Pasar Al Mahirah,” ujar Muhammad Nurdin.(*) 

Angga Wijaya Usai 3 Bulan Ceraikan Dewi Perssik, Buat Pengakuan Ini

Begini Penjelasan Roro Fitria Soal Isu Keretakan Rumah Tangganya hingga Gugat Cerai

Remaja asal Cirebon Dituduh sebagai Hacker Bjorka, Ngaku Kaget dan Beri Bantahan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved