Breaking News:

Bantuan Usaha

Calon Penerima Bantuan Usaha Individu BMA 2022 Capai 22.609 Orang

Rincian pendaftar dari masing-masing kabupaten/kota adalah: 7.702 orang dari Aceh Singkil, 552 orang dari Gayo Lues, 5.026 orang dari Pidie, 8.772 ora

Penulis: Indra Wijaya | Editor: Ansari Hasyim
For Serambinews.com
Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Rahmad Raden, didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Singkil, Faisal, SPd menyerahkan secara simbolis bantuan pemberdayaan muallaf, di Desa Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak, Jumat (26/8/2022) sore   

Laporan Indra Wijaya | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pendataan online calon penerima Bantuan Usaha Individu Baitul Mal Aceh (BMA) Tahun 2022 resmi ditutup pada Jumat (16/09/22) pukul 17.00 WIB petang tadi. 

Usai ditutup, sebanyak 22.602 orang mendaftar menjadi calon penerima bantuan usaha tersebut.

Jumlah pendaftar tersebut berasal dari 5 kabupaten/kota dengan persentase penduduk miskin tertinggi di Aceh berdasarkan data BPS per Maret 2022. 

Rincian pendaftar dari masing-masing kabupaten/kota adalah: 7.702 orang dari Aceh Singkil, 552 orang dari Gayo Lues, 5.026 orang dari Pidie, 8.772 orang dari Pidie Jaya, dan 557 orang dari Bener Meriah.

Ribuan Warga Rela Antre Berjam-jam Ajukan Bantuan Modal Usaha

“Setelah pendaftaran, tahapan selanjutnya adalah seleksi dan verifikasi administrasi oleh amil Baitul Mal Aceh, dilanjutkan dengan survey lapangan untuk melihat kondisi usaha dan wawancara langsung dengan calon penerima bantuan usaha,” kata Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden.

Rahmad Raden mengatakan, tingginya jumlah pendaftar tersebut menandakan bahwa informasi terkait Bantuan Usaha Individu BMA berhasil menjangkau berbagai lapisan kelompok sasaran program di kabupaten/kota. 

“Pendaftaran kita buka secara online untuk memudahkan masyarakat. Mereka bisa mendaftar cukup bermodal handphone, kapan saja di mana saja selama periode pendaftaran, tanpa harus mengirimkan dokumen atau datang langsung ke BMA,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, syarat administrasi yang diminta BMA pun cukup mudah, sehingga tidak memberatkan pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan bantuan dari BMA. 

Selama proses pendaftaran, masyarakat yang mengalami kendala juga diberi kesempatan untuk berkonsultasi melalui nomor whatsapp dan akun-akun sosial media BMA.

“Untuk tahap seleksi administrasi ini, hanya pendaftar yang dinyatakan layak yang akan dihubungi untuk dilakukan survey lapangan. Kemudian, hasil akhir calon penerima bantuan yang dinyatakan lulus akan dipublis secara terbuka di website, berdasarkan hasil survey lapangan,” jelas Rahmad. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pendaftaran Bantuan Usaha Individu BMA tahun 2022 berlangsung selama 5 hari, yaitu 12-16 Septmber 2022. Sasaran dari program ini adalah pelaku usaha mikro dengan aset di bawah Rp 50 juta, memiliki usaha milik pribadi yang sudah berjalan kurang lebih 1 tahun, serta tidak sedang menerima pendanaan dari lembaga keuangan lainnya. 

Selain itu, domisili dan lokasi usaha calon penerima bantuan harus di salah satu dari 5 kabupaten/kota dengan persentase penduduk miskin tertinggi di Aceh, yaitu: Aceh Singkil, Gayo Lues, Pidie, Pidie Jaya, dan Bener Meriah. 

Bantuan yang diberikan bersumber dari dana infak dan akan disalurkan kepada penerima manfaat dalam bentuk dana yang pemanfataannya dibatasi untuk pembelian alat dan perlengkapan kerja, serta bahan usaha.(*)

Lupa Kunci Pintu, Wanita Syok Ada Kambing di Kamarnya Sedang Lakukan Ini di Kasur

VIDEO Gedung Pencakar Langit di Kota Changsha China Terbakar

Praktis! Resep Tempe Lada Hitam Ala Chef Devina Hermawan, Cocok untuk Lauk Makan Keluarga

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved