Breaking News:

Berita Jakarta

Lima Buku Karya Penulis Asal Gayo Diluncurkan

Lima buku terbitan The Gayo Institute (TGI) yang bermarkas di Takengon, Aceh Tengah, akan diluncurkan dalam Festival Sastra Internasional

Editor: bakri
For Serambinews.com
Salman Yoga di panggung puisi. 

JAKARTA - Lima buku terbitan The Gayo Institute (TGI) yang bermarkas di Takengon, Aceh Tengah, akan diluncurkan dalam Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) di Bintan, 24-26 September 2022.

Kelima buku karya penulis dari Gayo itu adalah, Antologi Puisi Penyair Gayo Modren “Gergel” karya: Ansar Salihin, Salman Yoga S, Vera Hastuti, Win Gemade dan Zuliana Ibrahim; Antologi Puisi “Subang” Komunitas Forum Beru Gayo.

Pengantar Fikar W Eda & Ketut Wiratnyana, Kurator Devi Komala Syahni-Zuliana Ibrahim dan editor Salman Yoga S; Antologi Puisi “Residu Rindu”, karya Eni Penalamni; Antologi Puisi Bahasa Gayo “Likes” Karya Salman Yoga S; dan Antologi Puisi “Kedet”, karya Rizky Saradi.

FSIGB merupakan festival sastra bergengsi di Asia Tenggara, merupakan kegiatan lintas negara ditaja oleh Yayasan Jembia Emas bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau serta sejumlah instansi lainnya.

Seperti pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya yang saat ini sudah memasuki tahun ke 6 berturut-turut walaupun dua tahun terakhir dilaksanakan secara daring dan luring karena pandemi Covid-19.

Dalam setiap penyelenggaraan selain acara seminar dan pentas baca puisi serta Muhibbah budaya, juga dohelat acara peluncuran buku karya peserta dan karya sastrawan dari berbagai negara.

The Gayo Institute (TGI) adalah penerbit berlisensi Internasional Series Book Number (ISBN) dari Perpustakaan Nasional RI.

Selain itu TGI juga sedang dalam proses terdaptar sebagai anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Baca juga: Pepilo Project Luncurkan Single Sebatas Rindu, Grup Musik Asal Gayo Sasar Blantika Musik Nasional

Baca juga: Lagu Bintang Kecil Viral di TikTok, Ternyata dinyanyikan Oleh Pemuda Asal Gayo

Direktur TGI, Salman Yoga menyatakan, gembira bisa menyertakan lima judul buku diluncurkan dalam FSIGB, bersama-sama dengan puluhan buku lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Salman Yoga juga aktif mengikuti acara tersebut sejak digelar pertama sekali enam tahun silam.

"Insya Allah setiap tahun kita dari Gayo selalu ikut serta dalam acara sastra lintas negara tersebut.

Kita saling berbagi dan bertukar pengalaman dalam kegiatan sastra.

Kita baca puisi dan membahas karya para sastrawan, ini sebuah forum yang sangat penting dalam dunia sastra kita," kata Salman Yoga. (fik)

Baca juga: Bupati Sarkawi Terima APD dan Masker dari Alumni Yogyakarta Asal Gayo  

Baca juga: Kisah Relawan Covid-19 asal Gayo di RS Wisma Atlet, Rela Tinggalkan Anak Istri Demi Ribuan Nyawa

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved