Breaking News:

Berita Aceh Barat Daya

Tanggapi Keluhan Petani, Pj Bupati Abdya Turun Langsung ke Lokasi

"Jadi, saya telah perintahkan Camat dan Keuchik untuk berkoordinasi dengan pemilik lahan agar mau memberikan sedikit lahannya untuk meluruskan saluran

Penulis: Taufik Zass | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Pj Bupati Abdya H Darmansah SPd MM didampingi Ketua DPRK Abdya, Nurdianto dan Kadis Pertanian dan Pangan Abdya drh Nasruddin meninjau lahan sawah petani di Paya Laot, Gampong Lhueng Baro, Kecamatan Manggeng, Minggu (18/9/2022). 

Laporan Taufik Zass | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Menanggapi keluhan petani sawah di Paya Laot, Gampong Lhueng Baro, Kecamatan Manggeng, Pj Bupati H Darmansah SPd MM didampingi Ketua DPRK Nurdianto dan Kadis Pertanian dan Pangan Abdya, drh Nasruddin turun langsung ke lokasi, Minggu (18/9/2022).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, setiap musim tanam hingga memasuki musim panen, para petani di kawasan areal Paya Laot, Gampong Lhueng Baro, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya ( Abdya) selalu diresahkan oleh banjir luapan.

Oleh karena itu, melalui Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten atau DPRK Abdya, Julinardi, warga setempat berharap agar persoalan banjir luapan di daerah tersebut bisa ditangani serius. 

Saat turun langsung ke lokasi, Pj Bupati Darmansah meminta kepada Camat dan Keuchik setempat untuk mencari solusi terkait pembebasan lahan agar saluran yang selama ini menjadi penyebab banjir luapan dapat diluruskan tanpa adanya patahan.

Baca juga: Kisah Anak dari Keluarga Kurang Mampu di Abdya Raih Juara II KSM Tingkat Provinsi Aceh

Darmansah menyebutkan, sumber masalah utama dipatahan atau belokan saluran itu.

Namun saat ini terkendala dengan pembebasan lahan. Jika diluruskan, otomatis akan mengurangi dampak bencana banjir luapan. 

"Jadi, saya telah perintahkan Camat dan Keuchik untuk berkoordinasi dengan pemilik lahan agar mau memberikan sedikit lahannya untuk meluruskan saluran,” kata Pj Bupati Abdya.

Baca juga: Kisah Asmara Pria Arab, Mengaku Sudah Menikahi 53 Wanita Berbeda, Ada yang Bertahan Semalam Saja

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Abdya, juga mengajak pemilik lahan untuk dapat bekerja sama agar masalah yang dirasakan para petani di Paya Laot Manggeng dapat segera tertanggulangi.

"Mungkin selama ini, banjir luapan telah membuat areal sawah di Paya Laot terlihat seperti danau. Dengan lurusnya saluran itu, tentunya akan mengurangi debit air kedalam sawah dan arus air menjadi lancar," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Darmansah berjanji akan melakukan perbaikan terhadap saluran di areal persawahan Paya Laot jika lahan pada lokasi patahan saluran tersebut sudah dibebaskan.

"Insya Allah, tahun depan atau dalam APBK Perubahan ini sudah kita anggarkan dan petani Paya Laot tidak mengalami kerugian lagi. Untuk sementara kita upayakan normalisasi dulu," ujarnya.(*)

Baca juga: BREAKING NEWS - Kejari Banda Aceh Tahan M Zaini Terkait Kasus Dugaan Korupsi Tsunami Cup

Baca juga: BREAKING NEWS - Lima Ruko dan Dua Mobil Terbakar di Peusangan Bireuen

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved