Breaking News:

Gempa Terkini

Gempa 6,4 SR Guncang Meulaboh, BMKG : Masyarakat Aceh Diimbau Waspada Gempa Susulan

Meski tak berpotensi tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat Aceh tetap waspada munculnya gempa susulan.

Editor: Firdha Ustin
BMKG
Gempa Magnitudo 6,4 SR Guncang Provinsi Aceh Pagi Ini 24 September 2022 

Gempa 6,4 SR Guncang Meulaboh, BMKG : Masyarakat Aceh Diimbau Waspada Gempa Susulan 

SERAMBINEWS.COM - Gempa bumi berkekuatan 6,2 Magnitudo terjadi di wilayah pantai selatan Kota Meulaboh Aceh Barat, Provinsi Aceh, Sabtu (24/9/2022) pada pukul 03.52 WIB.

Meski tak berpotensi tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat Aceh tetap waspada munculnya gempa susulan.

Dilansir Serambinews.com pada Sabtu (24/9/2022) dari kanal Youtube InfoBMKG, dalam konferensi persnya, gempa bumi ini ternyata dirasakan di banyak daerah.

Antara lain mulai dari Meulaboh, Aceh Selatan, dan Nagan Raya dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah)

Selanjutnya juga dirasakan di daerah Aceh Besar, Banda Aceh, Takengon, Bener Meriah, dan Simeulue dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu)

Kemudian di daerah Pidie, Idi, Bireun, Langsa dan Aceh Tamiang juga dirasakan  dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca juga: Perkembangan Gempa Aceh Tak Berpotensi Tsunami, BMKG: Laut Calang Meulaboh Tak Menunjukkan Kenaikan

Baca juga: Gempa Dini Hari Juga Terasa di Abdya & Aceh Selatan, Warga Panik dan Berhamburan ke Luar Rumah

Baca juga: Wilayah Indonesia Sering Gempa, Inilah Bacaan Doa Saat Terjadi Gempa Bumi

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Akan tetapi, BMKG dalam imbauannya meminta agar masyarakat Aceh untuk tetap tenang tetapi waspada.

Sebab, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat akan terjadi dua kali gempa susulan pascagempa utama dengan magnitudo (M) 6,4 yang mengguncang Aceh tadi pagi pukul 03.52 WIB.

“Hingga, Sabtu 24 September pukul 08.10 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua aktivitas gempa susulan dengan magnitudo terbesar M2,7,” ujar Deputi Bidang Geofisika BMKG Suko Prayitno Adi.

Kemudian, ia juga menghimbau kepada masyarakat Aceh yang tempat tinggalnya sudah rusak atau rusak sebagian untuk tidak tinggal di rumah karena jika terjadi gempa susulan signifikan dapat mengalami kerusakan lebih berat bahkan roboh.

Untuk masyarakat dengan tempat tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam diharapkan waspada karena gempa susulan signifikan dapat memicu longsoran (landslide) dan runtuhan batu (rock fall).

Kemudian, InfoBMK juga menghimbau masyarakat untuk tidak percaya berita bohong (hoax) mengenai prediksi gempa yang lebih besar dan akan terjadi tsunami.

(Serambinews.com/Fadillah Fitri Dayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved