Breaking News:

Info Singkil

Pecinta Island Hopping, Yuk Temukan Kepingan Surga Tersembunyi Pulau Bangkaru Aceh Singkil

Pulau Bangkaru, merupakan pulau terluar di gugusan Kepulauan Banyak, Aceh Singkil. Pulau tersebut berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. 

Penulis: Dede Rosadi | Editor: Mursal Ismail
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Pantai Amandangan lokasi penyu bertelur di Pulau Bangkaru, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil 

Pulau Bangkaru, merupakan pulau terluar di gugusan Kepulauan Banyak, Aceh Singkil. Pulau tersebut berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. 

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Halo pencinta island hopping! Petualangan Anda baru sempurna bila telah menjelajah Pulau Bangkaru, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil

Pulau Bangkaru, merupakan pulau terluar di gugusan Kepulauan Banyak, Aceh Singkil. Pulau tersebut berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. 

Gelombang ekstrem setinggi tiga sampai empat meter menantang petualang sejati menuju kepingin surga tersembunyi Pulau Bangkaru, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil

Cuaca ekstrem tersebut, pastinya terbayar lunas oleh pesona mahakarya alam nanmenawan yang disediakan pulau tempat penyu langka dunia itu berada.

Usai menaklukan ombak yang jadi buruan peselancar profesional, hamparan pasir putih bersih selembut bedak menyambut mata.

Sembulan batu karang aneka bentuk di Pantai Pulau Bangkaru, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil
Sembulan batu karang aneka bentuk di Pantai Pulau Bangkaru, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil (SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI)

Baca juga: Investasi Pulau Banyak Gagal karena Investor Minta Tax Holiday

Saking lembutnya, telapak kaki terasa amblas hingga melewati tumit ketika menginjaknya.  

Alasan itulah penyu sisik, hijau dan belimbing menjadikan Bangkaru, sebagai lokasi bertelur secara alami. Tiap malam penyu, selalu singgah untuk bertelur sebelum kembali menjelajah lautan lepas.

Penyu seolah memahami cuaca ekstrem yang membentengi Bangkaru, dapat menjaga tetasan telur dari gangguan tangan-tangan jahil yang menjadi predator utama selain biawak dan burung. 

Petualangan dimulai dengan jungle trecking memasuki hutan perawan Pulau Bangkaru. Tujuannya Pantai Amandangan yang merupakan pantai terindah dan terluas. 

Dalam perjalanan aneka pohon khas hutan tropis menjadi pemandangan. Sesekali siulan burung beo serta murai menjadi teman.

Setelah naik dan turun bukit selama 1,5 jam sampailah di Pantai Amandangan. Hamparan  pasir putih terhampar seluas 3 kilometer seolah tak berujung. 

Ombak menjadi pemicu naiknya adrenalin ketika keluar masuk Pulau Bangkaru, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil
Ombak menjadi pemicu naiknya adrenalin ketika keluar masuk Pulau Bangkaru, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil (SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI)

Baca juga: Dampak Kenaikan BBM, Ongkos Kapal Tradisional Singkil-Pulau Banyak Naik

Di bagian ujung pantai sembulan batu karang aneka bentuk pengaruh terkaman ombak menjadi penanda alam agar bisa kembali ke pantai lokasi penjemputan speed boat.

Melihat sembulan batu karang di antara hamparan pasir seolah tengah berada di alam lain. Batu karang tersebut ada yang mirip tumpeng, hewan bahkan mirip manusia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved