Breaking News:

Dampak Kasus Suap Sudrajad Dimyati, Komisi Yudisial Siap Serahkan Data Hakim Nakal ke KPK

Upaya tersebut sejalan dengan langkah KY yang sedang melakukan pemeriksaan etik Hakim Agung nonaktif Sudrajad Dimyati...

Editor: Eddy Fitriadi
Tribunnews/JEPRIMA
Tersangka Hakim Agung Mahkamah Agung (MA) Sudrajad Dimyati mengenakan rompi tahanan KPK. Dampak Kasus Suap Sudrajad Dimyati, Komisi Yudisial Siap Serahkan Data Hakim Nakal ke KPK. 

SERAMBINEWS.COM - Komisi Yudisial (KY) siap bertukar data dengan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK).

Tepatnya terkait data hakim nakal Mahkamah Agung (MA) yang diduga bermain dalam penanganan perkara selama ini.

Upaya tersebut sejalan dengan langkah KY yang sedang melakukan pemeriksaan etik Hakim Agung nonaktif Sudrajad Dimyati dan Hakim Yustisial/Panitera Pengganti MA Elly Tri Pangestu.

"Berdasarkan MoU (Memorandum of Understanding) yang telah dibangun oleh KY dan KPK. Bahwa kita akan melakukan pertukaran data. Termasuk dari KPK ke KY maupun KY kepada KPK. Jadi misalnya di dalam pemeriksaan etik kami menemukan ada indikasi tindak pidana dengan korupsi, maka akan serahkan pada KPK. Dan begitu juga sebaliknya," kata Ketua KY Mukti Fajar Nur Dewata usai berkoordinasi dengan pimpinan KPK, Senin (26/9/2022).

Diketahui, Sudrajad dan Elly dijerat oleh KPK atas dugaan suap terkait penanganan perkara di MA.

Menurut Mukti, KPK memberikan ruang kepada KY untuk melakukan pemeriksaan etik kepada hakim dan juga keterlibatan hakim-hakim yang lain.

"(Pemeriksaan) dalam wilayah etik. Bisa sangat mungkin kita akan memeriksa pihak-pihak yang terkait. Jadi itu ya, jadi kita awali apa yang sudah dilakukan oleh KPK, nanti dari situ kita bisa melangkah dan sekali lagi bahwa KY akan bergerak pada wilayah etik. Jadi bisa saja kita akan mengembangkan kepada hakim-hakim lain yang mungkin tidak bisa masuk ranahnya KPK tapi bisa masuk ranahnya KY," kata dia.

Selain dengan KPK, KY juga berkoordinasi dengan MA terkait pemeriksaan etik ini.

Namun, Mukti belum mau membeberkan lebih lanjut soal pemeriksaan Etik yang dilakukan pihaknya.

Pun saat disinggung lebih lanjut siapa-siapa saja hakim yang sudah atau akan diperiksa.

"Ini kan masih proses pemeriksaan ya, jadi nanti kita akan update lagi informasinya berapa orang yang kami (periksa) etik. Jadi nanti pada saatnya akan kita sampaikan siapa saja yang akan kita lakukan. Nanti kita jelaskan setelah pemeriksan ya. Kita informasikan selesai pemeriksaan. jadi agar valid informasinya," jelas Mukti.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Buntut Kasus Suap Sudrajad Dimyati, KY akan Serahkan Data Hakim Nakal ke KPK"

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved