Breaking News:

Berita Aceh Utara

Relawan HMI Mengajar di SMA Pedalaman Aceh Utara, Sampaikan Informasi Kuliah dan Cara Dapat Beasiswa

Para relawan HMI Lhokseumawe dan Aceh Utara ini mengabdi selama satu Minggu, mereka mengajarkan beberapa materi penting tentang tata cara melanjutkan

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Mursal Ismail
For Serambinews.com
HMI Lhokseumawe dan Aceh Utara mengerahkan relawan menginisiasi program pengabdian yang dinamakan HMI Mengajar di pedalaman Aceh Utara, Minggu (25/9/2022) 

Para relawan HMI Lhokseumawe dan Aceh Utara ini mengabdi selama satu Minggu, mereka mengajarkan beberapa materi penting tentang tata cara melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi.

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI  Lhokseumawe dan Aceh Utara mengerahkan relawan menginisiasi program pengabdian yang dinamakan HMI Mengajar.

Program tersebut difokuskan di sejumlah SMA pedalaman di Aceh Utara, 19-25 September 2022

Para relawan HMI Lhokseumawe dan Aceh Utara ini mengabdi selama satu Minggu, mereka mengajarkan beberapa materi penting tentang tata cara melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi.

Ketua Umum HMI Cabang Lhokseumawe - Aceh Utara, Muhammad Fadli, mengatakan kegiatan pengabdian mengajar ini bentuk perwujudan HMI selaku kader umat dan kader bangsa.

Di mana HMI harus hadir dalam setiap permasalahan bangsa dan mampu memberikan solusi kongkret untuk permasalahan tersebut.

Baca juga: VIDEO Peduli Pendidikan, HMI Kirim Relawan Mengajar ke SMA Pedalaman Aceh Utara

“Kali ini HMI kembali mengajar kita fokuskan di beberapa SMA pedalaman di Aceh Utara, yaitu SMAN 2 Langkahan, SMAN 1 Geurdong Pase, dan SMAN 2 Kuta makmur.

Oleh karena itu, kami mengajarkan materi yang sangat basic sekali, yaitu tata cara pendaftaran perkuliahan di Perguruan Tinggi dan cara mengakses beasiswa untuk keluarga kurang mampu,” kata M Fadli, kepada Serambinews.com, Senin (26/9/2022).

Fadli menambahkan, selama ini siswa-siswi SMA yang ada di pedalaman sangat minim informasi tentang cara pendaftaran kuliah, bahkan ada yang tidak tau bahwa ada beasiswa yang akan menanggung semua kebutuhan kuliah.

“Makanya banyak di antara mereka bahkan hampir semua tidak melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi,” sebutnya.

Oleh karena itu, sambungnya data persentase hasil diskusi HMI dengan Kacabdisdik Lhokseumawe bahwasanya di Aceh Utara dan Lhokseumawe kurang lebih siswa-siswi yang melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi setiap tahunnya hanya 25-27 persen saja.

Baca juga: Ingin Anak Bisa Mengaji, HMI Aceh Utara-Lhokseumawe Buka Kelas Belajar Membaca Alquran Secara Gratis

“Selebihnya memilih jalan yang lain, ini angka yang sudah sangat bagus, namun jika kedepannya 50 persen siswa-siswi di Aceh Utara dan Lhokseumawe sudah melanjutkan ke Perguruan Tinggi,” terangnya.

Fadli menambahkan HMI mengajar mulai tanggal 19-25 September 2022. Selama kegiatan para relawan mengajar tinggal bersama masyarakat yang difasilitasi oleh kepala desa setempat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved