Breaking News:

Berita Aceh Utara

Cabdin Pendidikan Aceh Utara Gelar Pelatihan Perpustakaan Digital, Diikuti Pengelola Pustaka SMA/SMK

Pelatihan ini digelar di Aula Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Utara, 26-29 September 2022 dan dibuka Kacabdin Wilayah Aceh Utara Drs Ahmad Yamani

Penulis: Subur Dani | Editor: Mursal Ismail
For Serambinews.com
Pelatihan pengelolaan perpustakaan digital bagi pengelola perpustakaan SMA/SMK se-Aceh Utara di Kabupaten Aceh Utara 

Pelatihan ini digelar di Aula Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Utara, 26-29 September 2022 dan dibuka Kacabdin Wilayah Aceh Utara Drs Ahmad Yamani MPd diwakili Kasi Pengembangan Mutu GTK, Faizun SIP.

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Dinas Pendidikan Aceh melalui Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Utara menggelar pelatihan pengelolaan perpustakaan digital. 

Pelatihan ini diikuti pengelola perpustakaan SMA/SMK di Kabupaten Aceh Utara.

Pelatihan ini digelar di Aula Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Utara, 26-29 September 2022 dan dibuka Kacabdin Wilayah Aceh Utara Drs Ahmad Yamani MPd diwakili Kasi Pengembangan Mutu GTK, Faizun SIP.

Faizun dalam sambutannya mengatakan kemajuan teknologi mendorong para pustakawan dan pengelola perpustakaan untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang teknologi informasi. 

Tujuannya agar dapat memenuhi tuntutan pengguna dan mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga: Disdukcapil Pidie Sediakan Pocadi Bantuan Perpusnas, Bisa Baca Buku Gratis, Ada Pustaka Digital

"Saat ini untuk mengakses informasi dan pengetahuan sudah tidak zaman lagi harus datang langsung ke lokasi.

Tentunya perubahan ini harus disikapi oleh para pustakawan, pengelola perpustakaan maupun pihak lembaga pendidikan untuk berinovasi seperti membangun perpustakaan digital yang lebih memudahkan," kata Faizun. 

Lebih lanjut, Faizun menjelaskan bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat semua orang semakin mudah mengakses informasi.

Kehadiran perpustakaan konvensional menjadi berkurang peminatnya, jika tidak mengikuti perkembangan zaman.

"Saya berharap, semoga setelah pelatihan ini peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk mengelola perpustakaan sesuai dengan standar dan mengikuti perkembangan teknologi," kata Faizun.

Baca juga: Kadisdikbud Aceh Besar Resmikan Pustaka Digital SDN Lambada Klieng

Sebelumnya, ketua pelaksana Agussalim SPd MPd menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para pengelola perpustakaan sekolah dalam hal penerapan teknologi informasi di perpustakaan serta untuk meningkatkan kualitas para pengelola perpustakaan sekolah di Kabupaten Aceh Utara.

"Kegiatan ini diikuti sebanyak 85 peserta perwakilan SMA/SMK di Kabupaten Aceh Utara yang dibagi dalam dua kelas,"kata Agussalim dalam keterangan tertulis, Senin (26/9/2022).

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dan instruktur dari Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang tergabung dalam PD Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Aceh dan Aceh Library Consultant (ALC) masing-masing Dr Nazaruddin MLIS, Arkin SIP dan Zulfiqri SIP dan Kabid Layanan Perpustakaan DPKA, Zulfadli SE MM. (*)

Baca juga: Murid TK Kunjungi Perpustakaan Pemkab Nagan Raya, Anggota DPRA Dorong Buka Pustaka Digital

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved