Breaking News:

Berita Aceh Timur

Pendaftar Calon Panwaslu Kecamatan di Aceh Timur Capai 741 Orang, Ini Jumlah yang Diterima

Total jumlah warga yang mendaftar sebagai Calon Anggota Panwaslu Kecamatan di Aceh Timur, mencapai 741 orang

Penulis: Zubir | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Maimun, Ketua Panwaslu Aceh Timur 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur 

SERAMBINEWS.COM, IDI - Sejak hari pertama pendaftaran dibuka 21 September 2022 lalu, dan telah ditutup pada Selasa 27 September.

Total jumlah warga yang mendaftar sebagai Calon Anggota Panwaslu Kecamatan di Aceh Timur, mencapai 741 orang.

"Total pendaftar 741 orang dengan rincian 454 orang laki-laki, dan 287 orang perempuan.

Sementara jumlah yang kita terima 72 orang dengan rincian masing-masing kecamatan 3 orang untuk 24 kecamatan di Aceh Timur," ungkap Ketua Panwaslu Aceh Timur, Maimun Ketua Panitia Pengawasan Pemilihan Umum ( Panwaslu) Aceh Timur, kepada Serambinews.com, Rabu (28/9/2022).

Dari keseluruhan pendaftar ini dari 24 kecamatan di Aceh Timur, ungkap Maimun, pihaknya akan melihat keterwakilan pendaftar perempuan di masing-masing kecamatan harus mencapai 30 persen keterwakilan perempuan dari seluruh pendaftar.

Baca juga: Air Mata Ibu Tumpah saat Peluk Anaknya di Kantor Polisi Usai Ditetapkan Tersangka, Ini Kasusnya

"Nanti kami rapat pleno kan dulu, apabila ada kecamatan pendaftar perempuan tidak mencapai 30 persen dari seluruh pendaftar, maka pendaftaran akan diperpanjang di kecamatan tersebut," ungkap Maimun.

Setelah pendaftaran pertama ditutup, saat ini sedang tahap penelitian keabsahan berkas pelamar.

Nanti apabila ada kecamatan tak cukup 30 persen pelamar wanitanya akan dibuka lagi pendaftar khusus bagi pelamar perempuan.

"Setelah pendaftaran diperpanjang ditutup kembali, maka peserta yang lolos seleksi administrasi akan diumumkan sekaligus pada tanggal 12 Oktober 2022," ungkap Maimun.

Setelah diumumkan, selanjutnya masuk masa tanggapan dan masukkan dari masyarakat terkait rekam jejak para pendaftar pada tanggal 12-18 Oktober 2022.

Selanjutnya, masuk tahap ujian Computer Assisted Test (CAT) pada tanggal 14-16 Oktober 2022, dan hasil ujian tulis CAT diumumkan pada 17 Oktober 2022.

Baca juga: Suami Aurel Hermansyah, Atta Halilintar Gak Bisa Ikut Campur Hubungan Thariq Halilintar dan Fuji

Dari hasil ujian CAT nantinya diumumkan 6 orang yang lulus.

"Selanjutnya mengikuti seleksi wawancara untuk ditetapkan 3 Anggota Panwaslu Kecamatan yang terpilih. Kemudian kita tetapkan melalui rapat pleno Komisioner Panwaslu Aceh Timur.

Selanjutnya peserta yang lulus akan diumumkan pada 25 Oktober 2022," ungkap Maimun.

Sebelum mengikuti ujian CAT, Maimun, menghimbau peserta yang lulus seleksi administrasi mempelajari materi tentang penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan pemilu.

"Kami menghimbau para pendaftar agar  tidak percaya dengan pihak yang tidak bertanggung jawab yang menjanjikan mampu meluluskan dengan meminta imbalan, karena pendaftaran dan seleksi ini tak dipungut biaya," imbau Maimun.(*)

Baca juga: Rating Ikatan Cinta Sempat Anjlok, Giliran Amanda Manopo Hengkang Tim Kreatif Beri Jawaban Bijak

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved