Breaking News:

MTQ Nasional di Kalsel

Kafilah Aceh Mantapkan Persiapan Jelang MTQ Nasional 2022 di Kalsel, Target Masuk 10 Besar

“Ada beberapa yang kita nilai potensial masuk final, kita kirim ke sana untuk mengikuti TC dengan pelatih-pelatih nasional,” kata Alidar.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Amirullah
Dsi.acehprov.go.id
Kepala Dinas Syariat Islam, Dr EMK Alidar SAg MHum 

Kafilah Aceh Mantapkan Persiapan Jelang MTQ Nasional 2022'> MTQ Nasional 2022 di Kalsel, Target Masuk 10 Besar

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Sebanyak 64 orang Kafilah Aceh yang akan bertanding di Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ) Nasional ke-29 di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 10-19 Oktober mendatang, terus mematangkan persiapan.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Syariat Islam (DSI) menggelar pemusatan latihan atau Training Center (TC) MTQ yang ketiga.

Ketua Kafilah Aceh yang juga Kepala Dinas Syariat Islam, Dr EMK Alidar SAg MHum menyebut, TC ketiga sudah dimulai hari ini, Kamis (29/9/2022) hingga 8 Oktober 2022 mendatang.

Ia mengatakan, sebagaian besar peserta berlatih di Aceh dan ada juga yang dikirim ke Ciputat, Tanggerang.

“Ada beberapa yang kita nilai potensial masuk final, kita kirim ke sana untuk mengikuti TC dengan pelatih-pelatih nasional,” katanya saat dihubungi Serambinews.com, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Faris Dhamira, Santri Dayah Insan Qurani Juara MTQ Nasional 2022

Selama mengikuti TC di Tanggerang, para peserta didampingi oleh pelatih Ustaz Hajarul Akbar dan Kepala TU UPTD Pengembangan dan Pemahaman Al-Qur’an (PPQ) DSI, Tgk Abdul Rani SSosI MA.

Sementara itu, para peserta lainnya melakukan pemusatan latihan di UPTD PPQ, yang dilatih oleh pelatih lokal dan nasional.

“Kita berharap dengan diadakannya TC sampai tiga tahap ini bisa meraih hasil yang lebih baik dibanding dengan MTQ Nasional'> MTQ Nasional dua tahun lalu di Padang,” ujar Alidar.

64 peserta dari Aceh akan turun di semua cabang, yakni Seni Baca Al-Qur'an, Qira'at Al-Qur'an, Hafalan Al-Qur'an, Tafsir Al-Qur'an, Fahmil Al-Qur'an, Syarhil Al-Qur'an, Seni Kaligrafi Al-Qur'an dan Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an.

Baca juga: 14 Qari Aceh Besar Lolos Seleksi MTQ Nasional di Banjarmasin

“Tahun ini kita berharap bisa masuk ke 10 besar nasional. Kita terus berdoa dan berusaha serta memberi dukungan kepada peserta Kafilah Aceh,” tambahnya.

Alidar berpesan kepada para peserta untuk tampil maksimal dan berlatih dengan baik dalam TC kali ini.

“Teruslah memupuk mental juara sehingga bisa tampil maksimal. Jagalah kesehatan. Kita berharap banyak kafilah Aceh yang bisa tembus ke final pada MTQ kali ini,” terangnya.

Dijadwalkan Kafilah Aceh akan bertolak menuju Kalimantan Selatan pada Minggu (9/10/2022). ( Serambinews.com/Agus Ramadhan)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved