Breaking News:

Tragedi Kanjuruhan

Temuan TGIPF Kanjuruhan, Semua Stakeholder Menghindar dari Tanggung Jawab

Hasil temuan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) menyebutkan banyak pihak yang lari dari tanggung jawab dari tragedi Kanjuruhan.

Penulis: Sara Masroni | Editor: Muhammad Hadi
YouTube Sekretariat Presiden
Hasil temuan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) menyebutkan banyak pihak yang lari dari tanggung jawab dari tragedi Kanjuruhan. 

SERAMBINEWS.COM - Hasil temuan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) menyebutkan semua stakeholder menghindar dari tanggung jawab atas tragedi Kanjuruhan.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang juga Ketua TGIPF Tragedi Stadion Kanjuruhan menyampaikan semua stakeholder saling menghindar dari tanggung jawab.

Para stakeholder, menurut temuan TGIPF berlindung di bawah aturan dan kontrak yang secara formal sah.

Oleh sebab itu, TGIPF sudah menyampaikan kepada presiden terhadap semua hasil temuan dan rekomendasi untuk semua stakeholder.

Rekomendasi tersebut baik dari pemerintah seperti PUPR, Menpora, Menkes dan sebagainya.

"Sudah kami tulis satu per satu rekomendasinya dalam 124 halaman laporan," kata Mahfud saat memberikan keterangan pers dilihat Serambinews.com dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (14/10/2022).

 

 

Sehingga kesimpulan akhirnya dari temuan TGIPF yang sudah digarisbawahi presiden bahwa Polri supaya meneruskan penyelidikan tindak pidana.

Penyelidikan tindak pidana itu terhadap orang-orang yang juga diduga kuat terlibat dan harus ikut bertanggung jawab secara pidana dalam kasus ini.

"TGIPF punya banyak temuan-temuan indikasi untuk bisa didalami oleh Polri," kata Mahfud.

"Adapun tanggung jawab moral, dipersilakan masing-masing melakukan langkah yang diperlukan sebagai bentuk pertanggungjawaban manusia Indonesia yang berkeadaban," tambahnya.

Baca juga: Temuan TGIPF Kanjuruhan: PSSI Harus Tanggung Jawab, Polri Teruskan Penyelidikan Tindak Pidana

PSSI Harus Tanggung Jawab

Dalam catatan dan rekomendasi TGIPF menyebut, jika berdasarkan pada norma formal, maka semuanya tidak ada yang salah.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved