Breaking News:

Berita Aceh Singkil

Muara Dangkal, Kapal 30 GT tak Bisa Sandar ke PPI Anak Laut

Muara Anak Laut Gosong Telaga yang dangkal membuat kapal penangkap ikan kapasitas 30 GT tidak bisa sandar di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Anak Laut

Penulis: Dede Rosadi | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Kapal penangkap ikan sandar di mulut muara Anak Laut Gosong Telaga Singkil Utara, Aceh Singkil, lantaran dangkal tak bisa sandar ke Pangkalan Pendaratan Ikan Anak Laut, Senin (31/10/2022) 

Laporan Dede Rosadi | Aceh Singkil

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Muara Anak Laut Gosong Telaga, di Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, terus alami pendangkalan hebat. 

Kondisi itu menyebabkan kapal penangkap ikan tidak bisa sandar di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Anak Laut. 

Berdasarkan pantauan Serambinews.com, Senin (31/10/2022) kapal.penangkap ikan harus sandar di dekat mulut muara. 

Kondisi itu menyebabkan proses bongkar ikan menjadi lambat serta membutuhkan biaya tambahan. Lantaran ikan harus dijemput menggunakan perahu kecil. 

Pemilik kapal juga harus keluarkan biaya tambahan untuk menjaga kapalnya yang jauh dari permukiman penduduk. 

Sementara itu pendangkalan terjadi di mulut muara Anak Laut sebelum masuk ke alur buatan. Selain itu pendangkalan juga terjadi di alur pelayaran ke arah PPI.

Sedangkan mulut muara Anak Laut ke arah laut lepas masih bisa dilintasi kapal penangkap ikan. "Dangkalnya di sini (arah masuk Anak Laut)," kata Yono, nakhoda perahu saat mengantar Serambinews.com melihat ke lokasi.

Kapal yang tidak bisa sandar di PPI Anak Laut bobotnya di atas 30 gross ton. Sementara di bawah itu masih bisa berlayar ketika air pasang. 

Warga berharap segera dilakukan pengerukan dan pemasangan jeti di mulut muara Anak Laut. Agar kapal penangkap ikan bebas ke luar masuk Anak Laut. 

Apalagi sejumlah investor perikanan banyak yang berminat investasi. Hanya saja masih menunda niatnya, lantaran muara Anak Laut dangkal.(*)

Baca juga: VIDEO Nelayan Aceh Tamiang Keluhkan Permen KP Nomor 16 Tahun 2022 di Hadapan Anggota DPRA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved