Breaking News:

Internasional

Erdogan Klaim AS Setujui 40 Jet Tempur F-16 ke Negaranya, Usai Pembelian F-35 Gagal

Pemerintah Turki, Jumat (4/11/2022) mengklaim Amerika Serikat (AS) memberi persetujuan penjualan 40 Jet Tempur F-16 ke negaranya.

Editor: M Nur Pakar
AFP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan 

SERAMBINEWS.COM, ISTANBUL - Pemerintah Turki, Jumat (4/11/2022) mengklaim Amerika Serikat (AS) memberi persetujuan penjualan 40 Jet Tempur F-16 ke negaranya.

Juru bicara Presiden Tayyip Erdogan mengatakan proses persetujuan Amerika Serikat untuk jet tempur F-16 berjalan baik dan akan diselesaikan dalam beberapa bulan mendatang.

Turki mengajukan permintaan ke Amerika Serikat pada Oktober 2021 untuk membeli 40 pesawat tempur F-16 Lockheed Martin Corp.

Termasuk 80 kit modernisasi untuk pesawat tempur yang ada guna memperbarui angkatan udaranya setelah pembelian F-35 gagal.

CNN Turk mengutip juru bicara Ibrahim Kalin yang mengatakan Presiden AS Joe Biden melakukan upaya tulus dalam masalah ini.

Baca juga: Ambisi Lama Terwujud, Erdogan Siap Ubah Turki Menjadi Pusat Gas Alam ke Uni Eropa

“Tidak mudah untuk memberikan perkiraan yang jelas, tetapi tampaknya ada kemungkinan besar proses itu selesai dalam satu atau dua bulan ke depan,” kata Kalin.

“Ketika ini terjadi, masalah F-16, baik modernisasi maupun pembelian F-16 baru, akan teratasi,” tambahnya.

Pada September 2022, Erdogan mengatakan menerima jawaban positif dari dua senator AS yang dia temui di New York tentang potensi dukungan mereka untuk jet tempur tersebut.

Sentimen terhadap Turki di Kongres AS berubah buruk dalam beberapa tahun terakhir setelah Ankara memperoleh sistem rudal pertahanan buatan Rusia.

Dimana, memicu sanksi AS dan penghapusan Turki dari program jet tempur F-35.(*)

Baca juga: Erdogan Akan Temui Presiden Rusia di Astana, Berharap Dapat Satukan Dengan Volodymyr Zelenskyy

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved