Breaking News:

Berita Nagan Raya

Dayah Ruhul Qur'ani Sosialisasi Penerimaan Santri di Nagan Raya

Pimpinan dan pengurus Dayah Ruhul Qur'ani Meulaboh melakukan sosialisasi penerimaan santri baru ke sejumlah madrasah/sekolah di Kabupaten Nagan Raya

Penulis: Rizwan | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Pimpinan dan pengurus Dayah Ruhul Qur'ani Meulaboh melakukan sosialisasi penerimaan santri baru ke sejumlah madrasah/sekolah di Kabupaten Nagan Raya, Sabtu (5/11/2022) 

Laporan Rizwan I Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Pimpinan dan pengurus Dayah Ruhul Qur'ani Meulaboh melakukan sosialisasi penerimaan santri baru ke sejumlah madrasah/sekolah di Kabupaten Nagan Raya, Sabtu (5/11/2022).

Sejumlah madrasah dan sekolah di antaranya MIN 1 Jeuram, MTsN 1 Jeuram dan madrasah/sekolah lainnya.

Penerimaan santri baru Dayah Ruhul Qur’ani Meulaboh tahun ini merupakan tahun perdana untuk tingkat Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah (MA dan MTs).

Pimpinan Dayah Ruhul Qur'ani Meulaboh Ust Kamil Syafruddin mengatakan saat ini ratusan siswa telah mendaftar jalur prestasi dan pendaftaran jalur reguler akan dibuka 21 November hingga 10 Desember 2022.

Baca juga: Dosen UIN Ar-Raniry Paparkan Konsep Pengembangan Pendidikan Dayah di Konferensi Internasional

"Untuk pendaftaran jalur prestasi akan dibuka sampai 7 November 2022.

Sedangkan jalur reguler melalui tes kompetensi masuk yang dilaksanakan di Dayah Ruhul Qur’ani mulai 21 November hingga 10 Desember 2022," ujar Kamil Syafruddin usai melakukan sosialisasi ke beberapa sekolah/madrasah di Nagan Raya.

Ia mengatakan pendaftarannya bisa dilakukan secara online melalu website pendaftaran.ruhulqurani.id.

"Untuk info-info terkini akan diupdate secara rutin di Instagram ruhul_qurani, alhamdulillah antusias masyarakat sangat ramai," tambahnya.

Kamil Syafruddin menjelaskan, untuk tahun ini Dayah Ruhul Qur’ani hanya menerima 240 santri baru dengan rincian 120 santri tingkat MTs dan 120 tingkat MA.

“Kita menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para santri seperti asrama dua lantai dengan fasilitas AC, mesjid, ruang makan dengan sistem hidang, Aula Serba guna, pustaka, klinik, laboratorium bahasa, IPA, komputer, lapangan indoor dan outdoor serta dua puluh empat ruang kelas,” sebutnya.

Baca juga: Ini Medan, Bung! Lautan Manusia Sambut Anies Baswedan, Teriakan Anies Presiden Menggema

Ia menyampaikan santri Dayah Ruhul Qur’ani tidak hanya diajarkan kitab kuning.

Namun juga dituntut dapat menguasai bahasa Arab dan Inggris, hafal Al Qur’an 30 juz, sains dan berbagai cabang keilmuan lainnya.

“Untuk tenaga pendidik atau guru yang mengajar mereka lulusan S1, S2 dan S3 dari berbagai universitas ternama dalam negeri maupun luar negeri, alumni dayah serta pengasuh tahfiz Al Qur’an yang memiliki sanad hingga Rasulullah,” ujarnya.

Seperti diketahui, dayah ini berdiri di lahan seluas 6 hektare dan Dayah ini dibangun Haji Tito melalui Yayasan Tibers (Tito Bersaudara ) Meulaboh sebagai bentuk ikhtiar memajukan pendidikan Islam di Aceh.

Baca juga: Jadwal Lengkap Fase Grup Piala Dunia 2022 - Laga Pembuka Qatar Vs Ekuador

Khususnya untuk mendidik generasi muda yang berakhlak mulia, cakap dalam ilmu agama, sains, astronomi, kitab turats, hifz Al-Qur’an dan mampu berbahasa asing.

Dayah yang beralamat di Ujong Beurasok Gampong Leuhan didesain secara khusus dengan berbagai program unggulan dan menerapkan kurikulum pendidikan nasional, pondok modern dan pondok pesantren salafi dengan manhaj ahlus sunnah wal jamaah.

Di antara program unggulan dayah tersebut adalah pendidikan Al-Qur’an baik tahfidz maupun tahsin yang bersanad sampai ke Rasulullah SAW, pembelajaran kitab turats, konsentrasi ilmu falak dan peningkatan kemampuan berbahasa asing bagi santri.(*)

Baca juga: Perusak SPBU Sigli Ditangkap di Aceh Utara dan Banda Aceh, Satu Masuk DPO, Begini Pengungkapannya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved