Breaking News:

Berita Aceh Timur

Haji Uma Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Aceh Timur, Diterima oleh Pj Bupati

"Ini adalah bantuan pribadi saya, yang ikut berpartisipasi meringankan beban masyarakat Aceh Timur yang terdampak banjir yang terjadi di Aceh Timur.

Penulis: Seni Hendri | Editor: Nurul Hayati
SERAMBINEWS.COM/ SENI HENDRI
Abdul Rafar, Staf Penghubung Haji Uma untuk Aceh Timur, menyerahkan bantuan logistik dari Haji Uma kepada Pj Bupati Aceh Timur, Ir Mahyuddin, di Idi, Senin (7/11/20229. 

"Ini adalah bantuan pribadi saya, yang ikut berpartisipasi meringankan beban masyarakat Aceh Timur yang terdampak banjir yang terjadi di Aceh Timur. Kita doakan, semoga masyarakat Aceh Timur sabar dan tabah atas musibah ini, " ungkap Haji Uma.

Laporan Seni Hendri Aceh Timur 

SERAMBINEWS.COM, IDI - Anggota DPD RI asal Aceh, H Sudirman atau Haji Uma menyalurkan bantuan sembako untuk warga Aceh Timur yang terdampak banjir dan mengungsi.

Bantuan diserahkan oleh staf Haji Uma untuk Aceh Utara Abdul Rafar, dan Ali Murtala serta staf penghubung untuk Aceh Timur, Rahmat.

Bantuan puluhan zak beras, telur, dan mi instan itu diterima langsung oleh Pj Bupati Aceh Timur, Ir Mahyuddin MSi, didampingi oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Ashadi SE di kantor BPBD setempat, Senin (7/11/2022) sore.

Haji Uma mengatakan, bantuan tersebut adalah bentuk kepedulian dan perhatiannya untuk warga Aceh Timur  yang terdampak musibah banjir dan mengungsi.

"Ini adalah bantuan pribadi saya, yang ikut berpartisipasi meringankan beban masyarakat Aceh Timur yang terdampak banjir yang terjadi di Aceh Timur. Kita doakan, semoga masyarakat Aceh Timur sabar dan tabah atas musibah ini, " ungkap Haji Uma.

Haji Uma juga menyarankan kepada Pemkab Aceh Timur, agar berkoordinasi dengan Pemda di bagian hulu Aceh Timur seperti Bener Meriah, untuk mencari solusi terkait bencana alam banjir yang rutin terjadi setiap tahun ini.

"Pencegahan ini harus kita lakukan secara kolektif, nanti juga didorong oleh pemerintah Provinsi Aceh, dan Pemerintah Pusat, untuk mencari solusi penanganan banjir ini," tambah Haji Uma.

Baca juga: Apes! Lepas dari Banjir, Truk Pengangkut Pupuk Malah Terguling di Jalan Menurun, Diduga Rem Blong

Pemda juga disarankan agar aktif berkoordinasi dengan balai sungai, untuk mengatasi pedangkalan sungai dan pembangunan tanggul sungai.

"Penanganan banjir ini harus dilakukan secara konprehensif. Gubernur Aceh juga harus turun tangan untuk mengatasi banjir yang rutin terjadi setiap tahun ini. Pemerintah juga harus cari solusi secara permanen, termasuk kemungkinan akibat ilegal logging, ataupun galian C, ini harus ditertibkan," saran Haji Uma.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Timur, Ir Mahyuddin, mewakili rakyat Aceh Timur, yang mengungsi akibat dampak banjir mengucapkan terimakasih kepada H Sudirman atau Haji Uma atas perhatiannya kepada masyarakat Aceh Timur.

"Semoga sedekah yang atas perhatiannya ini menjadi amal ibadah dan dibalas oleh Allah SWT," doa Pj Bupati.

Selanjutnya, Kepala BPBD Aceh Timur, Ashadi, mengatakan banjir telah melanda puluhan desa di 13 kecamatan dalam wilayah Aceh Timur.

Hingga Senin sore, jelas Ashadi, ada desa yang banjirnya sudah surut, dan ada juga yang masih bertahan.

"Akibat banjir juga menyebabkan ribuan masyarakat mengungsi, dan ada juga yang sudah kembali ke rumah, dan ada yang masih bertahan. Semua titik pengungsian sudah kita salurkan bantuan logistik, apabila ada kekurangan logistik akan terus kita pasok lagi," ungkap Ashadi, seraya mengatakan akan terus memantau kondisi banjir di Aceh Timur.(*)

Baca juga: Warga Biarkan L300 Tenggelam Akibat Supir Bandel Terobos Banjir, Hanya Penumpang yang Diselamatkan

 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved