Breaking News:

Berita Banda Aceh

Mengenal ONWA-Meulaboh dan OSWA-Singkil yang Bakal Dikelola Conrad Asia Energy Ltd

Pantai barat-selatan Aceh yang biasanya sepi dari aktivitas pertambangan minyak dan gas bumi (migas) bakal ramai oleh kegiatan eksplorasi gas alam.

Penulis: Yarmen Dinamika | Editor: Faisal Zamzami
Kolase Serambinews.com
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh, Mahdi Nur. Dan foto peta Wilayah Kerja (WK) Offshore North West Aceh (ONWA-Meulaboh) dan Offshore South West Aceh (OSWA-Singkil). 

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM - Hari ini, 8 November 2022, era baru eksploitasi minyak dan gas bumi (migas) di Aceh dimulai.

Pantai barat-selatan Aceh (Barsela) yang biasanya sepi dari aktivitas pertambangan minyak dan gas bumi (migas) pada hari-hari mendatang bakal ramai oleh kegiatan eksplorasi dan eksploitasi gas alam.

Soalnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan tadi siang bahwa Conrad Asia Energy Ltd yang beralamat di Singapura ditetapkan sebagai pemenang lelang untuk Wilayah Kerja (WK) Offshore North West Aceh ( Meulaboh'>ONWA- Meulaboh) dan Offshore South West Aceh ( OSWA-Singkil).

Pengumuman pemenang lelang tersebut disampaikan oleh Dirjen Migas, Prof Ir Tutuka Ariadji MSc, PhD pada acara “Winner Announcement of Direct Proposal Tender on 1st IPBR and Launching of IPBR for Jabung Tengah and Paus Working Area” di Jakarta, Selasa, 8 November 2022.

Baca juga: Eksplorasi Blok Migas Meulaboh dan Singkil Dimulai, Conrad Asia Energi Ltd Pemenang Lelang

Lalu, apa itu Meulaboh'>ONWA- Meulaboh?

Menurut Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh, Ir Mahdinur MM, Meulaboh'>ONWA- Meulaboh itu adalah blok migas yang lokasinya dekat dengan lepas pantai barat Aceh yang luasnya 9.182 km2 dengan kedalaman 0-1.500 meter, dan estimasi sumber daya minyaknya 800 means million barrels of oil (MMBO) dan gas 4.8 trillion cubic feet (TCF).

Conrad Asia Energy Ltd yang memenangkan lelang untuk mengeksploitasi blok ini berkomitmen memberikan Signature Bonus sebesar US$ 50.000 dan melakukan komitmen pasti untuk studi geologi dan geofisika pada tiga tahun pertama kontraknya, mengakuisisi seismik 3D (3 dimensi) seluas 500 km2 dan satu sumur eksplorasi dengan total komitmen pasti sebesar US$ 15.000.000.

Adapun OSWA-Singkil, lokasinya dekat dengan lepas pantai barat selatan Aceh dengan luas 10.700 km2, dan kedalaman 0-1.500 meter, estimasi sumber daya minyaknya 1.4 BBO dan gas 8.6 TCF.

Baca juga: SKK Migas Temukan Cadangan Minyak Baru

Menurut Mahdinur, untuk OSWA-Singkil, Conrad Asia Energy Ltd berkomitmen memberikan Signature Bonus sebesar US$ 50.000 dan melakukan komitmen pasti untuk studi geologi dan geofisika pada tiga tahun pertama kontraknya, mengakuisisi sesmik 3D seluas 500 km2 dan satu sumur eksplorasi dengan total komitmen pasti sebesar US$ 15.000.000.

"Kita berharap agar kontrak kerja sama migas dapat segera ditandatangani," kata Mahdinur menjawab Serambiews.com di Banda Aceh, Selasa (8/11/2022) malam.

Selain itu, Mahdinur berharap semoga eksplorasi yang dilakukan nantinya akan membuahkan penemuan cadangan pasti migas yang dapat menambah cadangan minyak nasional dan memberikan manfaat sebesar-besarnya pada masyarakat, khususnya masyarakat pantai barat selatan Aceh. (*)

Baca juga: Musim Trek, Hasil Produksi Kebun Sawit Petani Abdya Turun Drastis

Baca juga: VIDEO Dapat Pesanan Tema Resepsionis Hoteldari Twitter Jadi Motif wanita Kebaya Merah

Baca juga: Rumah Layak Huni dari Kejari dan Senyum Petugas Cleaning Service di Lhokseumawe

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved