Breaking News:

Berita Aceh Besar

Nelayan Pulo Aceh Kini Sudah Bisa Beli Solar Bersubsidi di SPBU

Kuota solar bersubsidi untuk nelayan Pulo Aceh sebanyak 5.000 liter/hari, dan untuk tahap awal Pertamina menyiapkan 16.000-20.000 liter/minggu.

Penulis: Indra Wijaya | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto 

Laporan Indra Wijaya | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar bekerjasama dengan Pertamina Aceh dan Hiswana Migas Aceh baru saja launching Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar Bersubsidi khusus bagi nelayan di Kecamatan Pulo Aceh di SPBU Ulee Lheue, Banda Aceh, Senin (7/11/2022) kemarin.

Sales Area Manager Retail PT Pertamina Aceh, Arwin Nugraha mengatakan, bahwa kuota BBM Solar Bersubsidi yang diusulkan bagi nelayan di pulau tersebut adalah 5.000 liter per hari.

"Nah ini kami sediakan secara bertahap. Saat ini kita akan siapkan itu di 16.000 - 20.000 liter per minggu. Nanti surat nelayan sudah memenuhi surat rekomendasi itu, nanti akan kita sesuaikan kembali," kata Arwin.

Sementara itu Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto mengatakan bahwa sebelumnya, nelayan tradisional di Pulo Aceh sulit mendapatkan BBM. Terlebih pascakenaikan harga BBM bersubsidi dan non subsidi.

Di daerah itu sendiri, terdapat kurang lebih 164 nelayan kecil dengan kapasitas kapal 30 GT ke bawah. Usai diluncurkan bagi nelayan, ia mengatakan pihaknya yang dibantu oleh unsur forkopimda akan melakukan pengawasan penyaluran BBM bersubsidi itu.

Hal itu dilakukan agar penyalurannya lebih tepat sasaran dan benar-benar dirasakan oleh nelayan Pulo Aceh. Selain itu, pihaknya juga akan terus memonitor proses pengisian di SPBU Ulee Lheu hingga ke Pulo Aceh.

"Karena BBM yang ditambah oleh pertamina ini khusus bagi nelayan miskin. Dan ini akan diawasi oleh Aparat Penegak Hukum (APH)," kata Iswanto kepada Serambinews.com, Selasa (8/11/2022).

Selain itu ia juga sudah mengingatkan baik kepada nelayan maupun panglima laot dan unsur terkait, saat proses penyaluran agar tidak ada penyimpangan. Jika ada indikasi kecurangan, akan langsung mengarah ke pidana.

"Kita harap mereka jangan melakukan hal itu. Nantinya kita juga akan melakukan razia mendadak," ungkapnya.(*)

Baca juga: Nelayan Pulo Aceh Dapat Penambahan BBM Bersubsidi, Ini Harapan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto

Baca juga: VIDEO - Memudahkan Distribusi BBM, Nelayan Pulo Aceh Dapat Jeriken Berwarna

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved