Breaking News:

Produksi Garam

Peneliti BRIN dan UIN Ar-Raniry Kolaborasi Teliti Jejak Produksi Garam di Aceh

Para peneliti merupakan kolaborasi arkeologi sejarah, etnoarkeologi, kebumian dan maritim, pemetaaan, dan filolog Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam,

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Para peneliti berfoto di tempat pembuatan garam di Aceh Utara. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Garam merupakan salah satu komoditas penting dalam kehidupan manusia. Begitu strategisnya, sehingga produksi garam juga menjadi komoditas yang selalu berusaha dikendalikan kestabilannya oleh pemerintah sejak masa kerajaan.

Peneliti BRIN meneliti jejak produksi garam di Aceh yang difokuskan di Kompleks Makam Peut Pleuh Peut Desa Beuringen Kecamatan Samudera, Desa Matang Tunong, Kecamatan Lapang dan Desa Lancok Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara dari tanggal 3-16 November 2022.

Para peneliti merupakan kolaborasi arkeologi sejarah, etnoarkeologi, kebumian dan maritim, pemetaaan, dan filolog Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry serta dibantu beberapa personil/sumber daya CISAH.

Meredakan Radang Tenggorokan secara Alami Tanpa Obat: Minum Madu hingga Kumur Air Garam

Ketua Tim Peneliti, Libra Hari Inagurasi mengatakan penelitian kolaborasi ini meliputi tiga aspek, yaitu arkeologi, etnografi, dan manuskrip.

Survei arkeologi difokuskan pada situs konsentrasi fragmen sisa-sisa tembikar pada sektor tambak, di sebelah barat daya Kompleks Makam Peut Pleuh Peut Desa Beuringen Kecamatan Samudera, Aceh Utara.
"Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna penting komoditas garam dalam perniagaan dan perekonomian Kerajaan Samudra Pasai yang diharapkan dapat menjadi referensi akademis dalam pengembangan komoditas lokal masa kini di pesisir timur Aceh Utara, Provinsi Aceh," katanya.

Beberapa penelitian terdahulu, terang Libra, memperlihatkan adanya indikasi arkeologis dan etnologis posisi penting Aceh Utara dalam niaga garam unggul, baik di masa lalu maupun masa kini.

Perniagaan garam Kerajaan Samudra Pasai ditopang posisi strategis pada jalur pelayaran dan perdagangan global berhubungan dengan pelabuhan-pelabuhan lainnya antara Timur Tengah hingga Cina sejak abad ke-10 Masehi. Menurut Libra, sampai sekarang pihaknya belum tahu apakah garam juga menjadi salah satu komoditas unggulan Kerajaan Samudera Pasai.

Aceh belum Swasembada Garam, Ini Target dan Realisasinya, DKP terus Kembangkan Industri Garam Rakyat

Sedangkan survei dan observasi etnografi dilakukan di Kawasan tambak garam di Desa Matang Tunong, Kecamatan Lapang dan Desa Lancok Kecamatan Syamtalira Bayu.

Sementara riset manuskrip dilakukan dengan membaca berbagai naskah terkait dengan sejarah dan kebudayaan Aceh.
"Penelitian kolaboratif ini menggali beberapa sumber data, meliputi data arkeologis, laboratoratoris, etnografi, dan manuskrip, termasuk dari sumber-sumber naskah Melayu," ujarnya.

Konsentrasi tembikar di sektor tambak Desa Beuringin diamati dari segi morfologi, fungsi dan analisis laboratorium untuk menelusuri hubungan antara garam dan sejarah Kerajaan Samudera Pasai.

"Situs ini sangat penting artinya bagi riset-riset tentang sejarah Samudera Pasai yang harus mendapat perhatian dan penyelamatan artefak-artefak peninggalan arkeologisnya," ujarnya.

Ketua Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Hermansyah yang menjadi periset dalam riset ini, memandang bahwa padatnya temuan artefak, perlu menjadi perhatian semua pihak untuk mengungkap sejarah dan pencapaian terbaik Kerajaan Islam pertama di Nusantara.

Sehingga menjadi pembelajaran serta destinasi unggulan masyarakat Indonesia di masa depan. “Kita akan mencari gambaran yang mendukung melalui manuskrip lokal maupun yang naskah yang terkait," tutup Hermansyah.(*)

Mau Menyeberang ke Sabang, Catat Jadwal Kapal Cepat untuk Pelayaran 15 November 2022

Buta Aksara di Aceh Timur Sudah Tuntas 99 % , Pemkab Peringati HAI, Dimeriahkan Stand Pameran & Lomba

Ini Jadwal Kapal Ferry RoRo Rute Banda Aceh–Sabang untuk Pelayaran 15 November 2022

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved