Breaking News:

Universitas Iskandarmuda

Mahasiswa Unida Kunjungi Serambi Indonesia, News Manajer: Media Butuh Wartawan Multitalenta

Puluhan mahasiswa Universitas Iskandarmuda (Unida) Banda Aceh mengunjungi Kantor Serambi Indonesia, Rabu (16/11/2022).

Penulis: Sara Masroni | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/SARA MASRONI
Puluhan mahasiswa Universitas Iskandarmuda (Unida) Banda Aceh mengunjungi Kantor Serambi Indonesia, Rabu (16/11/2022). 

SERAMBINEWS.COM - Puluhan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Iskandarmuda (Unida) Banda Aceh mengunjungi Kantor Serambi Indonesia di Jalan Raya Lambaro Km 4,5 Desa Meunasah Manyang, Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (16/11/2022).

Dosen Pengampu sekaligus Wakil Rektor III Unida, Dr Bustamam Ali menyampaikan, kunjungan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa di bidang media, khususnya yang berkaitan dengan mata kuliah yang sedang diambil saat ini.

"Mereka kemari supaya bisa melihat langsung bagaimana kerja media dan sejumlah platform yang ada di Serambi Indonesia," jelas Bustamam yang juga dosen Mata Kuliah Hubungan dengan Media.

 

 

Dosen Pengampu sekaligus Wakil Rektor III Unida itu menjelaskan, era sekarang yang semuanya berubah cepat, PNS bukan lagi menjadi tujuan.

"Bagaimana para mahasiswa ini menciptakan lapangan pekerjaan ke depan, itu yang dibutuhkan," katanya.

Baca juga: BEM Unida Antar Bantuan untuk Korban Banjir Aceh Tamiang, Agara, Pemko Banda Aceh Pinjamkan 2 Armada

Selanjutnya, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unida, Dr Alwi Ibrahim menyampaikan, hadirnya mahasiswa ke Serambi Indonesia supaya mendapat pemahaman langsung bagaimana kondisi di industri media saat ini.

"Supaya mereka punya pemahaman sampai pada halaman depan koran bagaimana menentukan berita apa saja yang masuk ke sana, mereka akan banyak belajar di sini," jelas Alwi.

Baca juga: Pengurus MPD Banda Aceh Jaring Berbagai Informasi Pendidikan ke Unida

Sementara News Manajer Serambi Indonesia, Bukhari M Ali menyampaikan, media harus bergerak mengikuti perkembangan zaman kalau tidak ingin tertinggal dan hilang dari permukaan.

"Makanya Serambi sebagai salah media terbesar di Aceh, segera beralih ke digital melalui berbagai platform, supaya tidak terdisrupsi oleh perkembangan zaman," ungkap Bukhari.

Baca juga: Taiwan Tawarkan Beasiswa S1, S2, dan S3 untuk Mahasiswa serta Dosen Unida Banda Aceh, Ini Syaratnya

Kemudian di era sekarang, wartawan dituntut serba bisa menyesuaikan berbagai platform yang sedang berkembang di industri media saat ini.

"Wartawan tidak lagi yang keahliannya spesifikasi, tapi yang dibutuhkan sekarang adalah mereka yang multitalenta di semua platform," jelas Bukhari.

Baca juga: Unida Banda Aceh - JISDA University Thailand Selatan Lanjutkan Kerja Sama, Ini Isi Perjanjiannya

Selain multitalenta, wartawan juga dituntut update secara pengetahuan. Sehingga mampu beradaptasi memenuhi kebutuhan informasi masyarakat sesuai dengan perkembangan dan kekinian.

"Media menguji wartawan yang update secara pengetahuan, saya tahu karena saya selalu jadi penyeleksi rekrutmen wartawan ke Serambi," pungkasnya.

Baca juga: 487 Sarjana dan Pascasarjana Unida Ikut Wisuda, 19 Diantaranya Asal Thailand

Dalam kunjungan tersebut, para mahasiswa didampingi beberapa menyempatkan diri melihat ruang redaksi, studio Serambi on TV, Radio Serambi FM hingga mesin cetak Harian Serambi Indonesia.

( Serambinews.com/Sara Masroni)

BACA BERITA SERAMBI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved