Breaking News:

Info Singkil

Warga Tuntut Pemerintah Aceh Tuntaskan Pembangunan Jalan Trumon-Singkil

Sejauh ini sebutnya salah satu pekerjaan yaitu jembatan Kilangan yang merupakan jembatan terpanjang di Aceh, ditargetkan fungsional tahun ini.

Penulis: Dede Rosadi | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/DEDE ROSADI
Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis saat meninjau jalan batas Trumon-Kuala Baru, 16 September 2022 lalu 

Laporan Dede Rosadi I Aceh Singkil

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Warga Aceh Singkil menuntut Pemerintah Aceh menuntaskan pembangunan Jalan Trumon-Singkil pada tahun 2023 agar investasi Pemerintah Aceh, senilai Rp 375 miliar untuk membangun jalan Aceh Selatan ke Kuala Baru dan jembatan Kilangan, bisa bermanfaat.

"Jika tidak dituntaskan maka, jembatan terpanjang di Aceh yang habiskan dana begitu besar hanya akan menjadi monumen," kata mantan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil Ir Azmi Minggu (20/11/2022).

Azmi menyebutkan sesuai SK Gubernur Aceh tahun 2015, Pembangunan Jalan Batas Aceh Selatan-Kuala Baru- Singkil-Telaga Bhakti, Status Jalan Provinsi P.045.13 panjangnya 44,93 kilometer.

Sejauh ini sebutnya salah satu pekerjaan yaitu jembatan Kilangan yang merupakan jembatan terpanjang di Aceh, ditargetkan fungsional tahun ini.

Pemerintah Aceh juga sudah membangun jalan dari arah Aceh Selatan ke Kuala Baru dengan total investasi diperkirakan Rp 375 miliar.

Semua invetasi itu sebutnya, bisa dimanfaatkan bila pembangunan segmen terakhir yaitu pembangunan jalan batas Trumon-Singkil, dituntaskan.

"Nilai anggaranya tentu terserah Pemerintah Aceh. Estimasi saya Rp 30 miliar sudah bisa fungsional," ujarnya.

Mantan Kepala BRR Regional V yang banyak habiskan karirnya di bina marga itu menyatakan pekerjaan dibagi dua paket agar efektif, efisien dan pembanguan selesai sesuai target.

Agar Investasi Rp 375 Miliar Bermanfaat, Warga Tuntut Pemerintah Aceh Tuntaskan Jalan Trumon-Singkil


Paket pertama pekerjaan pembangunan jalan dari kepala jembatan Kilangan ke Kuala Baru dengan estimasi biaya Rp 15 sampai Rp 20 miliar. Paket pekerjaan kedua batas Trumon-Kuala Baru sekitar Rp 10 miliar.

"Kalau terwujud bisa berfungsi, maka pembangunan sebelumnya sekitar Rp 375 miliar bisa bermanfaat," tukasnya.

Hal senada disampaikan Kadar warga Kuala Baru. Menurutnya Pemerintah Aceh, mesti menuntaskan pembangunan jalan Kuala Baru-Singkil, agar daerahnya tidak lagi terisolir.

Kuala Baru adalah satu-satunya Kecamatan di Aceh Singkil yang terisolir. Hanya dapat diakses melalui perahu kecil dari Kota Singkil, namun sudah dapat dapat diakses darat dari Trumon.

Berikut poin pernyataan warga:

* Menuntut Pemerintah Aceh menganggarkan penuntasan ruas jalan, terutama jalan antara Jembatan Kilangan-Kayu Menang-Kuala Baru.

* Nilai investasi Rp 15-20 miliar akan memaksimalkan atau menyempurnakan dan membuat fungsional investasi Pemerintah Aceh sebelumnya sekitar Rp 375 miliar

* Jika tidak dibangun ruas terakhir ini, maka Jembatan Kilangan yang merupakan jembatan terpanjang di Aceh sekitar 400 meter dan telah menelan ratusan miliar hanya menjadi monumen yang tidak fungsional.

* Penuntasan ruas jalan Kilangan-Kuala Baru, membuat Kuala Baru lepas dari keterisoliran dan menumbuhkan perekonomian Aceh Singkil yang selama ini merupakan Kabupaten paling tinggi tingkat kemiskinannya di Aceh.(*)

Prediksi Inggris vs Iran di Piala Dunia 2022, The Three Lions Bakal Dihadang Team Melli

Untuk Dongkrak Ekonomi, Kapolda Aceh Salurkan Bantuan BRA untuk Eks Kombatan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved