Breaking News:

KIP Aceh Usul Penambahan 8 Dapil DPRK ke KPU RI 

pihaknya sudah mempresentasi rancangan penataan dapil dan alokasi kursi DPRK se Aceh jelang Pemilu mendatang ke KPU RI....  

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Eddy Fitriadi
Dok KIP Aceh
Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Aceh, Munawarsyah. KIP Aceh Usul Penambahan 8 Dapil DPRK ke KPU RI. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengusul penambahan daerah pemilihan ( dapil) tingkat DPRK se Aceh pada Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin (21/11/2022).

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Aceh, Munawarsyah kepada Serambinews.com, Kamis (24/11/2022) menyampaikan bahwa pihaknya sudah mempresentasi rancangan penataan dapil dan alokasi kursi DPRK se Aceh jelang Pemilu mendatang ke KPU RI.  

"Untuk Pemilu 2024, KIP Aceh mengusulkan 103 daerah pemilihan dengan alokasi kursi 665 yang tersebar di 23 kabupaten/kota. Dipastikan terdapat penambahan 15 kursi dan dirancang penambahan 8 daerah pemilihan DPRK," sebutnya.

Adapun daerah yang akan mendapat penambahan kursi yaitu Aceh Besar dari 35 kursi menjadi 40 kursi; Aceh Tamiang dari 30 kursi menjadi 35 kursi; dan Gayo Lues dari 20 kursi menjadi 25 kursi.

Sedangkan perubahan rancangan penataan dapil DPRK di Aceh yang diusulkan yaitu Aceh Selatan 30 kursi dengan 2 rancangan dapil, masing-masing tetap dengan 5 dapil. Aceh Tenggara 30 kursi dengan 2 rancangan dapil, masing-masing tetap dengan 5 dapil. Aceh Utara 45 kursi dengan 3 rancangan dapil, rancangan pertama 6 dapil, rancangan kedua 7 dapil dan rancangan ketiga 9 dapil.

Lalu Aceh Tamiang 35 kursi dengan 2 rancangan dapil, rancangan pertama 3 dapil, rancangan kedua 5 dapil. Sabang 20 kursi dengan 2 rancangan dapil, rancangan pertama 2 dapil, rancangan ketiga 3 dapil. Langsa 25 kursi dengan 2 rancangan dapil, rancangan pertama 3 dapil, rancangan kedua 4 dapil.

Munawarsyah menjelaskan, ada dua urgensi dalam penyusunan rancangan penataan dapil ini. Pertama, karena adanya perubahan jumlah penduduk yang mengakibatkan alokasi kursi dalam satu dapil melebihi batas maksimal dan atau kurang dari batas minimal yang ditentukan oleh undang-undang.

Kedua, adanya dapil pada pemilu sebelumnya bertentangan dengan 7 prinsip penataan daerah pemilihan.
Selanjutnya, KIP kabupaten/kota akan mengumumkan rancangan dapil dan alokasi kursi DPRK dimasing-masing kabupaten/kota kepada publik untuk mendapatkan tanggapan atau masukan dari masyarakat dari 23 November hingga 7 Desember 2022.

"Selanjutnya KIP kabupaten/kota akan melakukan uji publik daerah pemilihan pada tanggal 7 sampai 16 Desember 2022," demikian Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Aceh, Munawarsyah.(*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved