Breaking News:

PAW Wakil Ketua DPRA

Putra Nagan Raya, Teuku Raja Keumangan Ditetapkan Jadi Wakil Ketua DPRA 

Politikus senior Partai Golkar, Dr Teuku Raja Keumangan SH MH, resmi menggantikan Hendra Budian.....

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Eddy Fitriadi
HUMAS DPRA
Teuku Raja Keumangan (dua kiri) melakukan salam bersama pimpinan DPRA yang terdiri atas Ketua Saiful Bahri (Pon Yaya), Wakil Ketua I, Dalimi, dan Wakil Ketua III, Safaruddin, seusai rapat paripurna di Gedung DPRA, Kamis (24/11/2022). Putra Nagan Raya, Teuku Raja Keumangan Ditetapkan Jadi Wakil Ketua DPRA.  

Laporan Masrizal | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Politikus senior Partai Golkar, Dr Teuku Raja Keumangan SH MH, resmi menggantikan Hendra Budian sebagai Wakil Ketua II DPRA dari Fraksi Partai Golkar.

Keputusan itu ditetapkan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRA, Saiful Bahri (Pon Yaya) di Gedung Utama DPRA, Kamis (24/11/2022).

Total anggota dewan yang hadir dalam rapat tersebut sebanyak 66 orang yang terdiri atas tiga pimpinan dan 63 anggota. Ketiga pimpinan yaitu Pon Yaya selaku ketua, serta Dalimi dan Safaruddin selaku Wakil Ketua I dan III.

"Rapat ini dihadiri tiga pimpinan dan 63 anggota dewan," kata Pon Yaya yang disambut tepuk tangan anggota DPRA.

Dengan jumlah anggota DPRA yang hadir dalam rapat tersebut, menurut Pon Yaya, rapat pengambilan keputusan penetapan pergantian Hendra Budian dan pengangkatan TRK ( Teuku Raja Keumangan) sebagai Wakil Ketua DPRA dari Fraksi Partai Golkar sudah memenuhi kuorum.

Sementara Hendra Budian tak hadir dalam rapat tersebut. Sedangkan dari Pemerintah Aceh, hadir Sekda Bustami Hamzah yang mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Achmad Marzuki bersama unsur forkopimda dan sejumlah Kepala SKPA.

Surat Keputusan (SK) pemberhentian Hendra Budian dibacakan Sekretaris DPRA, Suhaimi. "Mengangkat Saudara Dr Teuku Raja Keumangan SH MH sebagai Wakil Ketua II DPRA sisa masa jabatan 2019-2024 dari Fraksi Partai Golkar," baca Suhaimi.

Selanjutnya, putusan itu akan disampaikan ke Kemendagri melalui Pj Gubernur Aceh untuk peresmian pemberhentian dan pengangkatan Wakil Ketua II DPRA dari Fraksi Partai Golkar sesuai peraturan perundang-undangan.

"Dengan ditetapkan keputusan ini, maka saudara Hendra Budian tidak lagi menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua II DPRA," demikian Suhaimi sembari menyatakan SK tersebut turut ditembuskan ke Presiden RI.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRA, Ali Basrah, menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRA yang sudah hadir dalam rapat paripurna tersebut. Kehadiran anggota dewan, lanjutnya, sangat berarti bagi pihaknya dalam pergantian posisi pimpinan lembaga itu.

"Kami mewakili Fraksi Partai Golkar menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pimpinan dan anggota dewan yang terhormat," kata Ali Basrah sesaat sebelum rapat diakhiri.

"Rapat paripurna pergantian antarwaktu Hendra Budian ke Teuku Raja Keumangan sudah memenuhi kuorum. Alhamdulillah. Salam dari Ketum Umum Partai Golkar dan Ketua DPD Partai Golkar Aceh," tutup Ali Basrah.

Ucapan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRA juga disampaikan Teuku Raja Keumangan. Ketua Komisi III DPRA ini mengatakan, dirinya siap menjalankan mandat sebagai salah seorang pimpinan DPRA dengan baik sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebelumnya diberitakan, DPP Partai Golkar mengusulkan Pergantian Antarwaktu (PAW) Hendra Budian dengan Teuku Raja Keumangan sebagai Wakil Ketua II DPRA dari Fraksi Partai Golkar sisa masa jabatan 2019-2024. Surat Keputusan DPP Partai Golkar diantar Ketua Partai Golkar Aceh, TM Nurlif, bersama anggota Fraksi Partai Golkar ke Ketua DPRA, Saiful Bahri (Pon Yaya) di ruang kerjanya pada Jumat, 23 September 2022 lalu.

Keputusan persetujuan PAW tersebut tertuang dalam surat nomor B-828/GOLKAR/VIII/2022 tertanggal 29 Agustus 2022 yang ditandatanggani Ketua Umum Airlanggar Hartarto dan Sekretaris Jenderal Lodewijk F Paulus. Tidak terima dengan usulan itu, Hendra Budian langsung melakukan perlawanan ke Mahkamah Partai Golkar dengan nomor register perkara: 11/5k-MPG/IX/2022 tertanggal 21 September 2022. Namun usaha Hendra ditolak oleh mahkamah partai tersebut.(*)  

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved