Breaking News:

Kuliner Aceh

Sie Reuboh Montasik Menu Favorit Restoran Mountes Kupi Aceh di Jakarta

Sie Reuboh adalah daging yang direbus, dicampur cuka, juga ada lemak daging, dan beberapa rempah lainnya.

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Taufik Hidayat
Dok Pribadi
Sabri Aly 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS COM, JAKARTA - Sie Reuboh Montasik menjadi menu favorit di restoran Mountes Kupi Aceh di Jakarta Selatan.

Menu ini baru saja diluncurkan, langsung mendapat sambutan hangat pelanggan Mountes. Sie Reuboh  terbuat dari daging rebus khas Aceh Besar.

"Di Jakarta Sie Reuboh hanya ada di Mountes Kupi Aceh.  Sie Reuboh khas Montasik dan Aceh Reyeuk ini adalah makanan sangat istimewa," kata pemilik Mountes Kupi Sabri Saly di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Sie Reuboh adalah makanan dari masa silam, yang menjadi andalan para raja-raja Aceh dan pasukan Aceh pada saat peperangan. "Karena Sie Reuboh tahan lama, tanpa pengawet, pada saat perang Aceh,  makanan ini selalu disiapkan sebagai bekal," cerita Sabri Aly yang berasal dari Montasik Aceh Besar.

Ia masih ingat, nenek dan kakek dan orang-orang tuanya dulu juga selalu membekali diri dengan Sie Reuboh saat pergi haji atau perjalanan jauh lainnya.

"Termasuk ketika saya berangkat ke Jakarta naik Tampomas, disiapkan Sie Reuboh sebagai makanan  perjalanan," kenang Sabri Aly.

Di Aceh Sie Reuboh terkenal ada di Lambaro. Boleh jadi ada di kedai-kedai lain, tapi menurut Sabri Aly, yang Lambaro paling hits karena banyak pelanggannya.

Sie Reuboh adalah daging yang direbus, dicampur cuka, juga ada lemak daging, dan beberapa komponen daging lainnya. Sabri Aly menceritakan, pada saat dingin, Sie Reuboh tertutup oleh lemak, karenanya setiap akan dimakan, dipanaskan terlebih dahulu.

"Saat makmeugang puasa di Aceh Rayeuk pasti bikin sie Reuboh terutama untuk persiapan sahur," kisah Sabri Aly, penggemar cerutu dan memproduksi Montesso Cigar.

Di Jakarta sie Reuboh pernah dipamerkan di Shangri-La hotel, sebagai salah satu kuliner khas Aceh.

Sajian  Mountes Kupi Aceh lainnya adalah ikan kayu atau keumamah, kuah blangong, dan gulai ikan hiu.

Uniknya pelanggan Mountes Kupi sebahagian besar warga non Aceh. Favorit mereka antara lain kuah blangong, ikan hiu dan sie reuboh tadi.(*)

Baca juga: Balamang Basamo Meriahkan Event Penutupan Festival dan Demo Produk UMKM Kuliner Aceh Selatan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved