Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Balamang Basamo Meriahkan Event Penutupan Festival dan Demo Produk UMKM Kuliner Aceh Selatan

Promosi produk UMKM serta kekayaan kuliner Aceh Selatan ini diharapkan dapat terpublikasi secara lebih luas melalui teknologi digital.

Penulis: Taufik Zass | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
Balamang basamo yang di ikuti 18 Kecamatan dan 260 Gampong di Kabupaten Aceh Selatan pada Event Festival dan Demo Produk UMKM Kuliner Aceh Selatan yang berlangsung di RTH Taman Pala Tapaktuan, secara resmi ditutup oleh Asisten Pemerintahan, Kamarsyah SSos MM mewakili Bupati Aceh Selatan, Minggu (20/11/2022) 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Tradisi balamang basamo yang diikuti 18 Kecamatan dan 260 Gampong di Kabupaten Aceh Selatan pada Event Festival dan Demo Produk UMKM Kuliner Aceh Selatan yang berlangsung di RTH Taman Pala Tapaktuan, secara resmi ditutup oleh Asisten Pemerintahan, Kamarsyah SSos MM mewakili Bupati Aceh Selatan, Minggu (20/11/2022).

Kegiatan tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda, Kadis Koperasi dan UMKM Aceh, Kadis Perindagkop Aceh Selatan, para Kepala SKPK, Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Selatan, Ketua DWP Kabupaten Aceh Selatan, Ketua Persit KCK Kodim 0107/Asel, Serta Organisasi wanita lainnya, Muspika Tapaktuan, para Camat dan Keuchik dalam Kabupaten Aceh Selatan, serta para undangan.

Dalam sambutannya yang di bacakan Asisten Pemerintahan, Tgk Amran menyampaikan bahwa, sebagaimana diusung melalui konsep ekonomi kreatif yang dicanangkan sebagai program nasional, bahwa usaha mikro, kecil dan menengah atau dikenal dengan UMKM menjadi garda terdepan menuju kebangkitan ekonomi dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Ditambahnya, dengan pelaksanaan festival dan demo produk UMKM Kuliner ini merupakan bentuk kepedulian bersama untuk mendukung para pelaku UMKM di Kabupaten Aceh Selatan, agar terus bertumbuh menjadi lebih baik, serta sebagai bentuk kepedulian bersama terhadap kekayaan kuliner yang ada di Kabupaten Aceh Selatan. "Kegiatan ini merupakan rangkaian HUT Aceh Selatan ke 77," ungkap Tgk Amran.

Bupati berharap agar promosi produk UMKM serta kekayaan kuliner Aceh Selatan dapat dipublikasikan bersama secara lebih luas melalui teknologi digital. Tgk Amran mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini, dan juga berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dimasa mendatang.

Demo Kuliner Balamang (lemang) Kabupaten Aceh Selatan yang merupakan warisan budaya non benda yang di tetapkan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, dimana sehari sebelumnya juga ditampilkan demo Gulai Taleh yang di ikuti 18 kecamatan dengan racikan menu masing-masing kecamatan.

Event ini diselenggarakan mulai 18-20 November 2022 yang merupakan kerja sama Dinas Koperasi dan UMKM Aceh dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Disperindagkop. Pada kesempatan event Festival dan Demo Produk Kuliner akan di pilih 3 pemenang terbaik lomba Balamang Basamo dengan total hadiah 20 Juta rupiah yang diberikan pihak penyelenggara.

Lemang hasil racikan dari semua kecamatan tersebut dapat dinikmati oleh pengunjung yang berhadir di arena festival. Dalam kegiatan yang menampilkan berbagai produk UMKM Kuliner yang ada di Kabupaten Aceh Selatan, yang diharapkan mampu meningkatkan sektor ekonomi masyarakat.

Adapun juri dalam kegiatan tersebut, Ny Kailida, S.Pdi Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Selatan selaku Ketua Juri, selanjutnya 2 orang Juri Profesional dari Jakarta dan Medan, 1 orang dari Provinsi Aceh dan 1 orang dari Kabupaten Aceh Selatan.

Hasil keputusan juri bahwa kecamatan Meukek sebagai juara 1 dengan hadiah uang tunai Rp 6 Juta, Juara II Kecamatan Trumon, dengan hadiah uang tunai Rp 4 Juta, Trumon Tengah sebagai juara III, dengan hadiah Rp 2 Juta.(*)

Baca juga: Dua Kecamatan di Aceh Selatan Kembali Terendam Banjir

Baca juga: Tgk Amran Buka Festival dan Demo Produk UMKM Kuliner Aceh Selatan 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved