Breaking News:

Berita Pidie

PIN Polio Dicanangkan di Pidie Serentak, Target 90.904, Diawali Anak Pencak Silat

Pencanangan imunisasi vaksin polio untuk mencegah penyebaran virus polio. Diawali dengan 1.000 anak pencak silat.

Penulis: Nur Nihayati | Editor: Nur Nihayati
SERAMBINEWS.COM/NUR NIHAYATI
Pj Bupati Pidie, Ir Wahyudi Adisiswanto MSi, didampingi Dirjen P2P Dr dr Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, Kepala Dinas kesehatan Aceh dr Hanif, Kepala Dinas Kesehatan Pidie dr Arika Aboebakar SpOG (K), Kepala Dinas Pendidikan Pidie Yusmadi MPd, Sekda Pidie H Idhami MSi meneteskan vaksin polio pada seorang anak di Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Alun-alun Kota Sigli, Pidie, Senin (28/11/2022). 

Pencanangan imunisasi vaksin polio untuk mencegah penyebaran virus polio. Diawali dengan 1.000 anak pencak silat.


SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara serentak selama sepekan dimulai hari ini, Senin (28/11/2022).

Hal ini ditandai dengan meneteskan vaksin polio kepada seorang anak dari 1.000 anak pencak silat secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Bupati Pidie, Ir Wahyudi Adisiswanto MSi di Alun-alun Kota Sigli, Pidie.

Sub Pekan Imunisasi Nasional dalam rangka penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di Kabupaten Pidie.

Kegiatan ini turut didampingi Dirjen P2P Dr.dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, Kepala Dinas kesehatan Aceh dr Hanif, Kepala Dinas Kesehatan Pidie dr Arika Aboebakar SpOG (K), Kepala Dinas Pendidikan Pidie Yusmadi MPd, Sekda Pidie H Idhami MSi.

Kemudian unsur Forkopimda Pidie dan sejumlah petugas Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan setempat dan juga hadir Tim vaksinator puskesmas kota Sigli.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pidie, dr Arika Aboebakar SpOG (K) dalam laporannya menyebutkan, kegiatan ini berawal telah ditemukan tiga kasus polio di Kecamatan Mane sehingga status Pidie ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio.

Atraksi anak pencak silat saat pencanangan PIN Polio di Alun-alun Kota Sigli, Pidie, Senin (28/11/2011).
Atraksi anak pencak silat saat pencanangan PIN Polio di Alun-alun Kota Sigli, Pidie, Senin (28/11/2011). (SERAMBINEWS.COM/NUR NIHAYATI)

 

AAnak pencak silat peserta Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Alun-alun Kota Sigli, Pidie, Senin (18/11/2022)
AAnak pencak silat peserta Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Alun-alun Kota Sigli, Pidie, Senin (18/11/2022) (SERAMBINEWS.COM/NUR NIHAYATI)

Disebutakan, Polio adalah penyakit menular dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen. Didukung lagi diperburuk sanitisasi dan lingkungan kurang baik.

Penyakit polio belum ada obatnya. Penyakit tersebut meluas dan penularannya hanya bisa dicegah dengan melakukan imunisasi. "Ini sebagai ikhtiar kita mencegah penyakit tersebut," katanya.

Maka itu, Pencanangan imunisasi vaksin polio untuk mencegah penyebaran virus polio. Diawali dengan 1.000 anak pencak silat. Ini juga dilakukan serentak di seluruh Pidie dengan jumlah sasaran sebanyak 90.904 anak di seluruh Pidie.

Dikatakan, sasaran PIN Polio ini terhadap anak usia 0 hingga kurang 13 tahun target pencapaian di atas 95 persen dari sasaran diinginkan.

"Kita harapkan Pin kali ini bisa tercapai. Ini untuk mendukung semua keberhasilan. Kita minta semua petugas puskesmas bisa melakukan dengan kesungguhan dan kepedulian. Jika tidak didatangi maka petugas harus melakukan sweeping ke rumah rumah dari capaian target.

Diingatkan semua pihak terkait agar memiliki kesadaran tinggi dalam PIN Polio ini. Diakui peran media massa, ulama dan tokoh masyarakat sangat penting agar kegiatan ini bisa terlaksana dengan sukes.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved