Breaking News:

Berita Aceh Utara

Dinas Tenaga Kerja Aceh dan Aceh Oil Institute Teken MoU Pengembangan SDM Sektor Migas

Umumnya peserta Training Aceh Oil Institute sukses menjadi engineer, teknisi dan operator di perusahaan migas di Qatar, Abu dhabi

Penulis: Jafaruddin | Editor: Nur Nihayati
Dok Aceh Oil Institute
Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh (Disnakermobduk) dan Yayasan Aceh Oil Institute (AOI) sepakat menjalin kerjasama untuk peningkatan dan pengembangan SDM sektor minyak dan gas di Aceh. Dok Aceh Oil Institute 

Umumnya peserta Training Aceh Oil Institute sukses menjadi engineer, teknisi dan operator di perusahaan migas di Qatar, Abu dhabi

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM,LHOKSUKON – Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh (Disnakermobduk) dan Yayasan Aceh Oil Institute (AOI) sepakat menjalin kerjasama untuk peningkatan dan pengembangan SDM sektor minyak dan gas di Aceh.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan MoU saat penutupan pelatihan Keterampilan dan Kewirausahaan bagi Pemuda dalam Kabupaten Aceh Utara, di Balai latihan kerja Industri Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, dua hari lalu.

Acara tersebut dihadiri Sekretaris Disnakermobduk Aceh, Ketua DPRK Aceh Utara Arafat, Perwakilan DPR Aceh, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Penanaman Modal Aceh Utara Nyak Tiari MM, perwakilan dari Politeknik Negeri Lhokseumawe, Universitas Malikussaleh, dan perwakilan sejumlah perusahaan suksesi program magang dalam negeri.

“Agenda acara di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Aceh Utara, tidak hanya penutupan pelatihan dan program pemagangan dalam negeri,” Kabid Pelatihan Kerja & Penempatan Kerja Disnakermobduk Aceh Qifti Reza Kesuma, dalam siaran pers yang diterima Serambinews.com, Selasa (29/11/2022).

Namun kata Qifti, juga diikuti dengan penandatangan Kesepakatan Bersama Disnakermobduk Aceh dengan Yayasan Aceh Oil Institute dari Kabupaten Aceh Utara terkait pengembangan dan peningkatan SDM Sektor Minyak dan Gas Bumi.

Semenatara itu Advisor Aceh Oil Institute Marzuki Daham menyampaikan apresiasi luar biasa kepada Disnakermobduk Aceh atas inisiasi dan realisasi program peningkatan SDM Aceh melalui magang dalam negeri.

Program Magang merupakan indikator utama untuk tercapainya keberhasilan program peningkatan pengembangan SDM Aceh.

Umumnya peserta Training Aceh Oil Institute sukses menjadi engineer, teknisi dan operator di perusahaan migas di Qatar, Abu dhabi maupun perusahaan migas asing di dalam negeri.

Karena mereka berhasil menguasai keahlian umum dan khusus yang dibutuhkan oleh industri.

Oleh karena itu penting sekali kata Marzuki Daham, peran serta perusahaan di Aceh untuk mendukung program magang dalam negeri yang dicetus oleh pemerintah sebagaimana yang diselenggarakan oleh Disnakermobduk Aceh.

Marzuki menyampaikan di Aceh ada Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), kehadiran BPMA seharusnya menjadi pihak pertama yang ikut mendukung program magang dalam negeri yang dilakukan oleh Disnakermobduk Aceh.

“Karena sejumlah perusahaan migas yang beroperasi di Aceh berada dibawah kontrol BPMA,” ujar Marzuki yang juga mantan Kepala BPMA.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved