Breaking News:

Berita Banda Aceh

R-APBK Banda Aceh 2023 Disahkan, Seluruh Fraksi DPRK Setuju

Rancangan Qanun Anggaran Pendapatan dan Belanja Kota (R-APBK) tahun anggaran 2023 akhirnya disepakati bersama oleh pihak eksekutif dan legislatif

Editor: bakri
ist
Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq didampingi Sekda Amiruddin berpose bersama dengan Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Wakil Ketua I Usman, dan Wakil Ketua II DPRK Banda Aceh Isnaini Husda usai penandatanganan persetujuan terhadap Rancangan Qanun APBK Banda Aceh tahun anggaran 2023 di gedung dewan setempat, Rabu, 30 November 2022. 

BANDA ACEH - Rancangan Qanun Anggaran Pendapatan dan Belanja Kota (R- APBK) tahun anggaran 2023 akhirnya disepakati bersama oleh pihak eksekutif dan legislatif.

Kesepakatan bersama ditempuh setelah melewati serangkaian sidang paripurna.

Momen tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara persetujuan bersama pada sidang paripurna kelima oleh Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq dan Pimpinan DPRK Banda Aceh, Rabu (30/11/2022) di ruang sidang dewan setempat.

Dipimpin oleh Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, sidang paripurna itu diikuti oleh Wakil Ketua I DPRK Usman, Wakil Ketua II Isnaini Husda, dan segenap anggota dewan Banda Aceh.

Hadir pula Sekdako Amiruddin, para Kepala SKPK, dan jajaran pejabat Pemko Banda Aceh lainnya.

Dalam sambutannya, Bakri Siddiq mengatakan, sebagaimana amanat Pasal 112 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019, ada satu tahapan lagi yang harus dilalui, yaitu evaluasi oleh Gubernur Aceh guna mendapatkan aspek legalitas formal terhadap berita acara persetujuan bersama yang sudah ditandatangani untuk dapat ditetapkan menjadi Qanun Banda Aceh tentang APBK 2023.

"Semoga proses evaluasi ini dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan, sehingga Qanun tentang APBK Tahun Anggaran 2023 ini dapat ditetapkan sebelum berakhirnya tahun ini sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang," kata Bakri Siddiq.

Bakri menyebutkan, berbagai program dan kegiatan dalam proses perencanaan tahun 2023 akan terus berlanjut sampai nantinya dapat menetapkan dan melaksanakan program dan kegiatan yang telah dialokasikan pada APBK Tahun Anggaran 2023.

"Kita semua tentunya berharap mudah-mudahan semua agenda pemerintahan tersebut dapat kita selesaikan dengan baik sesuai dengan kalender anggaran yang telah ditetapkan," ucapnya.

Adapun ringkasan RAPBK Banda Aceh Tahun Anggaran 2023 yang telah disetujui bersama antara Wali Kota dan Pimpinan DPRK Banda Aceh yaitu, Pendapatan Daerah direncanakan sebesar Rp1.251.400.994.660.

Baca juga: APBK Langsa 2023 Disahkan Rp 825 Miliar, Defisit Rp 5,6 Miliar

Baca juga: Sah, APBK Aceh Besar Tahun 2023 Rp 1,7 Triliun

Sementara, Belanja Daerah direncanakan sebesar Rp1.258.600.994.660.

Selanjutnya, Pembiayaan Daerah dalam APBK Tahun Anggaran 2023 diproyeksikan sebesar Rp10.000.000.000, sedangkan Pengeluaran Pembiayaan Daerah diproyeksikan sebesar Rp 2.800.000.000.

Pada sidang paripurna terakhir pembahasan Raqan APBK 2023 tersebut, seluruh fraksi DPRK Banda Aceh yang terdiri dari Fraksi PKS, PAN, Demokrat, Gerindra, NasDem dan PNA, PPP dan PA, menyampaikan persetujuan terhadap raqan yang disampaikan eksekutif.

"Alhamdulliah, acara prosesi penandatanganan berita acara nota kesepakatan bersama terhadap rancangan Qanun APBK Banda Aceh Tahun Anggaran 2023 telah berlangsung dengan baik dan lancar," ujar Farid Nyak Umar selaku pimpinan sidang.

"Dan sesuai dengan tata cara atau mekanisme pembahasan rancangan Qanun APBK, maka selanjutnya draf rancangan Qanun APBK Banda Aceh Tahun Anggaran 2023 ini beserta dokumen-dokumen pendukungnya akan disampaikan ke Gubernur Aceh, untuk diklarifikasi atau dievaluasi," ujarnya lagi. (yos)

Baca juga: DPRK Nagan Raya Sahkan APBK 2023, Anggaran Belanja Rp 1,12 Triliun

Baca juga: Rapat Paripurna DPRK Aceh Selatan di Buka, Begini Komposisi APBK 2023

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved