Breaking News:

Dana CSR

Pj Bupati Nagan Raya Panggil Pimpinan Perusahaan, Dana CSR Tahun 2023 Rp 18,4 Miliar Disepakati

Dalam rakor itu disepakati komitmen perusahaan untuk direalisasikan dana CSR tahun 2023 di Nagan Raya sebesar Rp 18,4 miliar...

Penulis: Rizwan | Editor: Eddy Fitriadi
Dok Diskominfotik
Pj Bupati Nagan Raya menyerahkan penghargaan kepada pemimpin Bank Aceh Cabang Jeuram terbaik pelaksanaan CSR pada rakor di Aula Bappeda, Rabu (7/12/2022). Pj Bupati Nagan Raya Panggil Pimpinan Perusahaan, Dana CSR Tahun 2023 Rp 18,4 Miliar Disepakati. 

Laporan Rizwan I Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Guna mempercepat pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJLSP) tahun 2023, Pemkab Nagan Raya mengadakan rapat koordinasi dengan perusahaan di daerah itu. 

Kegiatan dibuka Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas di Aula Utama Bappeda, Rabu (7/12/2022).

Dalam rakor itu disepakati komitmen perusahaan untuk direalisasikan dana CSR tahun 2023 di Nagan Raya sebesar Rp 18,4 miliar. 

Jumlah itu mengalami kenaikan dibanding tahun 2022 sebesar Rp 11,2 miliar dan tahun 2020 sebesar Rp 7 miliar. 

Turut hadir Kepala Bappeda Rahmattullah dan sejumlah kepala dinas.

Pj Bupati itriany Farhas mengatakan, pelaksanaan pembangunan daerah harus dilakukan secara terencana dan terukur dengan mengoptimalkan keterlibatan seluruh stakeholder, baik unsur pemerintah maupun unsur non pemerintah. 

Ia menyampaikan, salah satu unsur non pemerintah yang memegang peranan penting dalam mendukung suksesnya pembangunan daerah yaitu pihak perusahaan yang melaksanakan kegiatan usaha atau investasinya di daerah.

"Berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku pihak perusahaan dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan daerah melalui pemanfaatan dana CSR atau juga dikenal dengan istilah Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP)," papar Fitriany.

Fitriani menjelaskan, CSR atau TJSLP merupakan komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan sosial dan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perusahaan, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

Pj Bupati Fitriany menuturkan, pelaksanaan kegiatan CSR di Nagan Raya berpedoman pada Peraturan Bupati Nagan Raya Nomor 9 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dalam Kabupaten Nagan Raya serta Qanun Kabupaten Nagan Raya Nomor 6 Tahun 2019 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan.

"Penetapan komitmen besaran dana CSR merupakan rangkaian awal pelaksanaan mekanisme perencanaan pembangunan daerah yang dibiayai dengan dana CSR perusahaan, sehingga pelaksanaan program dan kegiatan CSR tahun 2023 dapat dilaksanakan secara terarah, tepat waktu dan sinergi dengan program pembangunan daerah," ujar Fitriany.

Fitriany juga memaparkan, dalam rangka mensinergikan pelaksanaan kegiatan CSR dengan kegiatan prioritas pembangunan Kabupaten Nagan Raya tahun 2023, pihaknya telah menetapkan kebijakan perimbangan pengalokasian dana CSR tahun 2023, antara lain sebesar maksimal 70 persen dialokasikan untuk program dan kegiatan yang diusulkan oleh perusahaan.

Berikutnya sebesar minimal 30 % dialokasikan untuk program dan kegiatan yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Nagan Raya yang merupakan usulan masyarakat atau kegiatan prioritas nasional serta daerah yang diusulkan Pemkab Nagan Raya.

"Program yang diusulkan oleh perusahaan maupun yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, sebesar minimal 40 % dialokasikan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin," ujarnya.

Kepala Bappeda setempat, Rahmattulah MSi mengatakan CSR/TJSLP merupakan komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan sosial dan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perusahaan, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

Rahmat menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Bappeda telah mengkoordinir pelaksanaan  CSR/TJSLP di Kabupaten Nagan Raya sejak tahun 2017 sampai dengan sekarang ini realisasi CSR dengan berbagai program dan kegiatan dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Ia merincikan total realisasi CSR dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2021 adalah sebesar Rp.19.206.222.000,- antara lain tahun 2018 Rp. 3.266.168.000, tahun 2019 Rp. 3.841.361.000,- tahun 2020 Rp. 4.177.881.000,- dan tahun 2021 Rp7 miliar lebih.

Kegiatan rakor tersebut dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada tiga perusahaan terbaik yang telah melakukan perencanaan dan pelaksanaan TJSLP/CSR terbaik Tahun 2022 oleh Pj Bupati Nagan Raya yaitu, terbaik I diraih PT Bara Energi Lestari (BEL), terbaik II Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram dan terbaik III PT. Socfindo Seumanyam.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved