Breaking News:

Video

VIDEO - Mencicipi Minuman Segar Sop Buah Nipah Blang Bladeh Bireuen

Buah nipah banyak tumbuh di rawa-rawa dan pinggir sungai, pohonnya hampir menyerupai pohon rumbia.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: m anshar

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM,  -  Di pinggir jalan kawasan Blang Bladeh Jeumpa Bireuen sejak dua tahun lalu hadir kuliner minuman segar dari olahan buah nipah (boh lipah).

Buah nipah banyak tumbuh di rawa-rawa dan pinggir sungai, pohonnya hampir menyerupai pohon rumbia.

Sop buah nipah merupakan minuman segar yang dibuat dengan campuran potongan buah yang dicampur dengan sirup dan bahan lainnya.

Usaha tersebut dikelola Mustafa Kamal (30) sejak dua tahun lalu.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, puluhan tandan buah nipah didatangkan dari Langsa maupun Aceh Timur, karena persediaan di Bireuen tidak mencukupi. Usaha jualan sop nipah dengan beragam rasa adalah cabang dari Alur Dua, Timbang Langsa.

Mustafa Kamal kepada Serambinews.com, Kamis (08/12/2022) mengatakan, kuliner dari buah nipah diberi nama sop buah nipah, ada beragam rasa disediakan mulai dari sop nipah awet muda, jus nipah antioksidan, nipah susu untuk menambah tenaga, nipah jeruk,  isi nipah untuk kesehatan, nipah sirup dan lainnya.

Bila ingin membeli isi buah nipah juga disediakan, harga jual tergantung jenis jus nipah.

Halaman tempat usaha tersebut dipenuhi dengan tandan nipah, pekerjaan mengolah buah  nipah melibatkan  beberapa pekerja lainnya yang setiap hari membelah dan juga mengolah buah nipah.

Banyak warga berdatangan umumnya  warga Bireuen dan luar Bireuen singgah mencicipi sop nipah, pelayanan dari pagi  hingga pukul 22.00 WIB malam. (*)

Narator: Suhiya Zahrati

Video Editor: M Anshar

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved