Breaking News:

Berita Aceh Besar

Jalan Jantho-Lamno Belum Terhubung, Masih Butuh Dua Jembatan Lagi

Jalan Jantho (Aceh Besar) tembus ke Lamno (Aceh Jaya) masih belum bisa terhubung, lantaran masih ada dua sungai yang belum memiliki jembatan

Editor: bakri
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Kepala Bappeda Aceh, H T Ahmad Dadek, Kepala BPKA, Azhari, Kepala Biro Pembangunan, Robby Irza, melihat lokasi badan jalan perbatasan Aceh Besar dan Lamno sepanjang 6,2 Km yang belum diaspal, Kamis (8/12/2022). 

JANTHO - Jalan Jantho (Aceh Besar) tembus ke Lamno (Aceh Jaya) masih belum bisa terhubung, lantaran masih ada dua sungai yang belum memiliki jembatan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bappeda Aceh, HT Ahmad Dadek, saat meninjau ruas jalan sepanjang 65,5 Km tersebut, Kamis (8/12/2022).

Selain dua jembatan, pengaspalan badan jalan sepanjang 6,2 Km juga perlu dilakukan.

“Untuk proyek tersebut masih dibutuhkan tambahan anggaran senilai Rp 66 miliar lagi pada tahun 2023,” kata Dadek, didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA), Azhari dan Kepala Biro Pembangunan Setda Aceh, Robby Irza.

Diterangkan, peninjauan yang mereka lakukan untuk melihat langsung realisasi fisik proyek jalan tersebut, menjelang berakhir masa kontrak atau multiyears contrac (MYC) pada 20 Desember 2022.

“Sebelum kontrak itu berakhir, kami diperintahkan Pj Gubernur untuk mengecek semua proyek,” ujar Dadek.

Menurutnya, Pj Gubernur sudah mewanti-wanti jika masih ada paket proyek MYC yang belum bisa fungsional, perlu diketahui berapa lagi tambahan anggaran yang diperlukan agar dapai difungsikan.

Baca juga: Jalan Jantho-Lamno Diharapkan Berfungsi Akhir Tahun 2022, Dua Bukit Dipangkas

Karena itu, ungkap Dadek, selama empat hari (8-11/12/2022), pihaknya melakukan kunjungan kerjanya ke proyek fisik yang dikerjakan dengan sistem MYC.

Seperti ruas jalan Jantho-Lamno, Babahrot (Abdya)-Pinding-Blangkejeren (Gayo Luas), ruas jalan Trumon-Buluh Seuma-Subulussalam, Singkil-Jembatan Kilang, Rumah Sakit Regional Cut Nyak Dhien, Meulaboh, Rumah Sakit Regional Takengon dan lainnya.

“Untuk jalan Jantho-Lamno pada pada tahun 2022 ada dua pekerjaan, yaitu penuntasan jalan Jantho hingga perbatasan Aceh Jaya dengan realisasi proyek mencapai 95,26 persen.

Berikutnya pengaspalan badan jalan sepanjang 750 meter, di mana realisasinya mencapai 77 persen,” terangnya. (her)

Baca juga: Polisi Selidiki Dugaan Perambahan Hutan Proyek Jalan Jantho-Lamno

Baca juga: Peningkatan Jalan Jantho-Batas Aceh Jaya Hampir Rampung, Ditargetkan Selesai Desember Mendatang

Baca juga: Pj Bupati Aceh Besar dan Anggota DPR RI Bahas Pembangunan Jalan Jantho–Keumala

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved