Breaking News:

Kupi Beungoh

Dari Ajang LLDIKTI XIII Award, Menuju PTS yang Semakin Favorit

Bahkan, perguruan terbaik di dunia bukan lah PTN, melainkan PTS seperti Harvard University, Massachusetts Institute of Technology, dan lain sebagainya

Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Deni Satria, Pemerhati Pendidikan Tinggi di Aceh 

Oleh: Deni Satria*)

Perhelatan akbar penganugerahan Perguruan Tinggi Swasta ( PTS) dan Insan Akademik Terbaik di Lingkungan LLDIKTI XIII Wilayah Aceh telah usai digelar pada 13 Desember 2022 lalu bertempat di salah satu hotel berbintang di pusat Kota Medan, Sumatra Utara.

Apresiasi diberikan oleh LLDIKTI Wilayah XIII Aceh kepada Perguruan Tinggi Swasta dan Insan Akademik dalam berbagai kategori.

Antara lain: Universitas Terbaik, Sekolah Tinggi Terbaik, Akademi Terbaik, Politeknik Terbaik, Dosen Prestasi Bidang Sains dan Teknologi, Dosen Prestasi Bidang Sosial Humaniora, SINTA Terbaik, Hibah Terbaik, Humas Terbaik, Implementasi MBKM, Kerjasama Perguruan Tinggi Terbaik, Website Terbaik, Pembinaan Mahasiswa Berprestasi, dan Dosen dengan Sinta Terbanyak.

Penghargaan tersebut dikemas dalam ajang LLDIKTI Wilayah XIII Award 2022.

Mungkin tidak berlebihan kalau dikatakan, dinamika dan gairah perkembangan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia tidak bisa dipisahkan dari keberadaan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi.

Baca juga: Rocky Gerung, Kembang Tanjong, dan Abu Thalib

Lembaga yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini mempunyai andil yang besar dalam memajukan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.

Salah satu cara yang dilakukan untuk memotivasi adalah dengan cara memberikan award bagi para Insan Akademik terbaik melalui kegiatan yang dinamakan LLDIKTI Wilayah XIII Award.

Sebagaimana kita ketahui saat ini para calon mahasiswa baru masih kurang memfavoritkan PTS sebagai tujuan melanjutkan pendidikan tinggi.

Para lulusan SMA lebih fokus memilih kuliah di Perguruan Tinggi Negeri ( PTN), dan PTS menjadi alternatif atau plan B jika mereka gagal masuk ke PTN.

Namun, paradigma tersebut sudah sangat tidak relevan lagi untuk saat ini.

Karena PTS yang ada di Aceh sudah menunjukkan keunggulannya di berbagai kompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya tenaga pengajar atau dosen PTS berlatar pendidikan Doktor (S3) baik itu lulusan universitas ternama dalam negeri maupun luar negeri.

Adanya mahasiswa asing yang kuliah di Perguruan Tinggi Swasta.

Baca juga: Mengapa Umat PPP Harus Pilih Anies

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved