Gempa Rusak Jalan Kecamatan di Aceh Tengah

Bagaimana tidak, ruas jalan tertimbun longsor dari perbukitan dan terparah di Kampung Terang Engon

TAKENGON - Gempa berkekuatan 8,5 skalar Richter (SR) yang mengguncang Pulau Sumatera pada Rabu (11/4) sore ikut merusak sejumlah ruas jalan kecamatan di Aceh Tengah. Bagaimana tidak, ruas jalan tertimbun longsor dari perbukitan dan terparah di Kampung Terang Engon, Kecamatan Silih Nara, penghubung ke Kecamatan Celala.

Tanah longsor juga menimbuni badan jalan lintasan Jalan Bireuen-Takengon di Kampung Paya Tumpi dan Kampung Kelupak Mata, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah. Kepala Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Aceh Tengah, Syahrial Afri SH MHum, Kamis (12/4) mengatakan, jalan antar kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah banyak yang tertimbun tanah longsor.

Titik tanah longsor yang paling banyak di Kampung Terang Engon dan Jalan Bireuen-Takengon antara kilometer 92 hingga 96 yang masuk wilayah administratif Kecamatan Kebayakan. Timbunan longsor sempat memacetkan kendaraan selama tiga jam di kawasan Singgah Mata pada Rabu (11/4) mulai pukul 09.00 WIB sampai Kamis (12/4) petang, tepatnya Km 92 di Kampung Kelupak Mata,

“Kondisi tanah di Aceh Tengah sangat labil, bila bergoyang maka akan turun, ditambah lagi saat musim hujan,” ujar Syahrial. Tanah longsor juga terjadi seputar Jalan Lingkar Danau Laut Tawar, diantaranya di Kampung Kenawat dan Toweren Kecamatan Lut Tawar, namun, ruas jalan lingkar ini hanya dilalui penduduk seputaran danau.

Tanah longsor juga terjadi pada ruas jalan Jagong - Isaq Kecamatan Linge, sebuah jembatan bailey (jembatan rangka baja) Sungai Wih Empan yang menghubungkan antara Kampung Jagong Jeged dengan Jeged Ayu ambruk ke dalam sungai. Akibatnya, puluhan murid-murid SD dan pelajar dari tiga kampung di Kecamatan Jagong tidak dapat menjangkau sekolahnya.

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban, petugas BPBD Aceh Tengah telah siaga di lapangan bersama sejumlah peralatan. Camat pada 14 kecamatan dan kepala kampung (keuchik) di lokasi-lokasi rawan tanah longsor juga ikut dilibatkan. “Petugas BPBD Aceh Tengah terus siaga mengantisipasi dampak tanah longsor untuk mencegah jatuhnya korban jiwa,” ujar Syahrial.(min)

daerah longsor
* Terang Engon, Kecamatan Silih Nara
* Paya Tumpi dan Kelupak Mata, Kecamatan Kebayakan
* Seputaran jalan lingkar Danau Laut Tawar

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved