Operasi Laser Bisa Ubah Warna Mata Coklat Jadi Biru, Apa Iya?

Sekadar informasi, mengubah warna cokelat menjadi biru adalah satu-satunya pilihan yang tersedia dari metode penyinaran laser tersebut..

Operasi Laser Bisa Ubah Warna Mata Coklat Jadi Biru, Apa Iya?
GETTY IMAGES
Ilustrasi.

SERAMBINEWS.COM - Anda masih merasa iri dengan warna bola mata biru yang dimiliki oleh orang bule atau warga keturunan asing? Mungkin, kabar terbaru ini akan memberi sedikit harapan untuk mengganti warna bola mata sesuai dengan keinginan terpendam Anda, sebagaimana ditulis Nova.

Pasalnya, Mengubah warna bola mata dengan operasi laser, kini menjadi sebuah isu tren kecantikan terbaru di dunia. Sebuah perusahaan berbasis di California menawarkan metode operasi yang diklaim selama beberapa tahun ke depan mampu mengubah warna bola mata yang kecokelatan menjadi biru. Jadi, tak perlu lagi mengenakan kontak lens untuk mengubah penampilan.

Stroma Medical Corporation (SMC) adalah nama perusahaan penyedia metode ubah warna mata dengan laser. SMC mengembangkan prosedur ‘non-invasif’ yang mana menggunakan sinar laser untuk meleburkan zat melanin warna cokelat yang terlihat di lapisan terluar bagian iris mata. Kondisi ini yang menyebabkan lapisan biru di bagian dalam mata menjadi tersembunyi.

Sekadar informasi, mengubah warna cokelat menjadi biru adalah satu-satunya pilihan yang tersedia dari metode penyinaran laser tersebut. Meski terdengar mutakhir, prosedur ini masih dalam tahap uji penelitian pendahuluan, sehhingga perusahaan masih terus melakukan uji coba untuk menyempurnakannya.

Namun, pihak SMC berujar jika dalam beberapa tahun ke depan, metode pengubahan warna bola mata ini akan segera tersedia untuk masyarakat.

Albert Pang, O.D. Board-certified optometris di Texas mengatakan bahwa fokus permasalahan dari perbedaan warna bola mata adalah zat melanin yang terdapat di bagian iris mata masing-masing individu.

Semakin banyak zat melanin yang Anda miliki, maka akan menentukan juga terang atau gelapnya warna lapisan iris mata. Secara mudahnya, prosedur laser ini adalah menghilangkan atau membakar beberapa pigmen yang membuat tampilan mata terlihat cokelat, bukan biru.

“Prosedur operasi akan dilakukan di kantor yang ditangani oleh dokter ahli. Proses memerlukan waktu kurang dari 20 detik, termasuk di antaranya pemberian anestesi topikal dan tahap pengerjaan,” jelas Albert.

Perubahan warna mata secara permanen akan terjadi secara bertahap, yakni sekitar dua sampai empat minggu.

Sama halnya dengan prosedur operasi laser mata lainnya, Anda tidak diizinkan menyetir mobil atau bekerja sesaat sesudah menjalani operasi. Menariknya, jika SMC mengklaim bahwa prosedurnya aman dilakukan, para ahli mata justru berpendapat sebaliknya.

“Bisa saja pigmen yang dihapus dari iris membuat permukaan air masih mengalir ke dalam cairan dari mata dan menyumbat mata. Dikhawatirkan akan terjadi tekanan pada mata yang merusak saraf optik yang memicu terjadinya glaukoma serta kebutaan,” jelas Ivan Schwab, M.D, clinical spokeperson dari American Academy Opthalmology.

Ia menambahkan, metode pengubahan warna bola mata tersebut bisa saja mengarah pada inflamasi mata serta pendarag mata yang biasa disebut symphathetic ophtalmia.

“Pada dasarnya, secara teoritis tubuh akan menyerang pigmen di bagian mata, hal ini sangat sulit diobati dan memerlukan immuno-suppressants. Lagipula, Anda jelas tidak mau mengorbankan penglihatan hanya demi tampil cantik, kan?” tutupnya. (Ridho Nugroho)

Tags
kesehatan
Editor: Jalimin
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved