SerambiIndonesia/

Desertir TNI Tertangkap Curi Kotak Amal

Ba (33) yang telah lama lari dari dinas (desersi) TNI-AD, ditangkap oleh warga Kompleks Villa Buana, Gampong Lampasie Eungking, Kecamatan

Desertir TNI Tertangkap Curi Kotak Amal
SERAMBINEWS.COM/MISRAN ASRI
Pangdam IM, Mayjen TNI Tatang Sulaiman membuka atribut TNI dari prajurit pecatan di sela-sela pelaksanaan upacara pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH) di Lapangan Ajendam IM, Neusu Aceh, Banda Aceh 

JANTHO - Ba (33) yang telah lama lari dari dinas (desersi) TNI-AD, ditangkap oleh warga Kompleks Villa Buana, Gampong Lampasie Eungking, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Jumat (3/3), sekitar pukul 14.00 WIB. Pria asal Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar ini, ditangkap saat mencuri kotak amal di meunasah dalam kompleks tersebut.

Informasi yang diperoleh Serambi, aksi Ba yang mengambil kotak amal di meunasah kompleks Villa Buana bukan yang pertama kali. Tapi, pernah dilakukan sebelumnya. Hal itu diketahui dari keterangan warga dan rekaman CCTV yang terpasang di meunasah tersebut.

Keterangan lainnya yang diperoleh Serambi, Ba mengambil kotak amal pertama sekali dilihat oleh seorang warga yang baru saja pulang menunaikan shalat Jumat. Karena, khawatir tidak mampu menangkap seorang diri, sehingga saksi mata tersebut memanggil warga yang lainnya. Ba pun berhasil diamankan dan warga segera menghubungi petugas Polsek Darul Imarah, Aceh Besar.

Lantaran Ba, diketahui ada kaitan dengan institusi TNI AD, sehingga personel Polsek Darul Imarah pun berkoordinasi dengan Polisi Militer Kodam Iskandar Muda (Pomdam IM) yang menuju ke lokasi penangkapan tersangka.

Dari penggeledahan yang dilakukan bersama dengan personel Pomdam IM terhadap Ba dan bagasi sepeda motor (sepmor) Yamaha Mio GT yang digunakan, petugas menemukan satu pisau, satu alat tukang untuk menyetel mata gergaji dan satu lem perekat serta barang lainnya milik Ba.

Selain itu, Ba juga dilaporkan pernah terlibat tabrak lari di kawasan Lambaro Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar yang menyebab orang lain meninggal dunia, serta sejumlah persoalan lainnya. Selanjutnya tersangka Ba pun diamankan oleh personel Pomdam IM.

Sementara Kapendam IM, Letkol Kav Rusdi SIP yang dihubungi Serambi, Sabtu (4/3) sore mengatakan benar, bahwa Ba selama ini adalah lari dari tugas TNI dan telah lama dicari. “Selama ini, dia satu di antara mantan prajurit lainnya yang sedang dicari dan telah lama desersi, pas sekali dia tertangkap,” kata Letkol Kav Rusdi.

Kapendam IM menjelaskan, Ba, telah masuk dalam daftar salah seorang mantan prajurit yang dipecat dari institusi TNI AD atau pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH). “Setelah tertangkap upacara PTDH terhadap pelaku tentu akan segera dilaksanakan,” pungkas Kapendam IM.(mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help