Studi Terbaru Sebut Poligami Bisa Bikin Pria Rentan Sakit Jantung, Kok Bisa?

Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa pria yang berpoligami memiliki risiko empat kali lipat mengalami sumbatan pembuluh darah

Studi Terbaru Sebut Poligami Bisa Bikin Pria Rentan Sakit Jantung, Kok Bisa?
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi poligami 

SERAMBINEWS.COM - Pria yang melakukan poligami memiliki berbagai alasan untuk membenarkan tindakannya. Meski kehidupan pria yang berpoligami terlihat enak, tapi ternyata beristri lebih dari satu tak seindah yang dibayangkan. Paling tidak dari risikonya terkena penyakit jantung.

Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa pria yang berpoligami memiliki risiko empat kali lipat mengalami sumbatan pembuluh darah dibanding mereka yang hanya memiliki satu istri. Kondisi ini membuat pria sangat rentan terkena serangan jantung.

Dr. Amin Daoulah, spesialis jantung dari rumah sakit King Faisal, Jeddah, Arab Saudi, mengatakan bahwa semakin banyak jumlah istri, maka risiko jantung koroner semakin besar.

Baca: Aplikasi AyoPoligami untuk Yang Mau Beristri lagi?

"Penyebabnya adalah peningkatan beban rumah tangga, baik secara finansial maupun emosional," tambah Daoulah.

Kondisi tersebut juga serupa dengan sebuah studi yang dipresentasikan pada Kongres Kardiologi Masyarakat Asia Pasifik 2015. Studi tersebut menyatakan bahwa semakin banyak istri, maka semakin tinggi risiko penyakit jantung.

Tapi, penelitian tersebut belum menemukan hubungan yang jelas antara poligami dengan penyakit jantung.

"Ada kemungkinan faktor lain yang tersembunyi, seperti tingkat keintiman dalam pernikahan, pola makan atau faktor genetik," tambah Daolah.

Dilansir dari Journal of Biology Letters, separuh dari pria dan wanita yang terlibat dari hubungan monogami ke poligami memilih hubungan yang serius hanya dengan satu pasangan saja pada satu waktu.

Baca: Meskipun Poligami Dibolehkan, Tapi Shireen Sungkar Tak Sanggup Kalau Harus Berbagi Suami

Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa poligami mungkin masuk akal bagi pria dalam kerangka evolusi, tetapi tidak dengan wanita. Hal ini karena pria poligami dapat memiliki banyak anak dalam satu waktu, dibandingkan wanita yang hanya bisa memiliki satu anak dalam sembilan bulan.

Halaman
12
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved